Monday, October 12, 2015

Bau Terbakar di Ruang Mesin Innova

Bau Terbakar di Ruang Mesin InnovaJakarta - Halo detikOto, saya punya mobil Innova tahun 2010 dan sudah berumur 5,5 tahun. Akhir-akhir ini saya mencium seperti bau kebakar, tetapi saya cek semua di ruang mesin tidak terjadi apa-apa.

Awalnya saya pikir itu bau knalpot motor yang lewat depan rumah saya, ternyata tidak, ternyata bau tersebut timbul dari ruang mesin mobil saya.

Bau tersebut timbul pas meghidupkan mesin pertama kali dan kadang - kadang di perjalanan tercium lagi bau seperti terbakar. Padahal saya jarang sekali menggunakan mobil apabila sangat diperlukan.

Pada bulan Agustus tahun ini, saya baru ganti oli yang ke 70 rb, busi juga masih bagus, dan sudah di tune up, dari sisi emisi gas buang juga bagus.

Padahal mesin saya tidak di modif sama sekali, hanya menambahkan alat pengirit bensin yang saya beli di waktu mobil saya masih baru sekali. Saya juga sesekali menemui mobil Innova juga yang bau mesinnya seperti mobil saya. Memang saya belum menanyakan ke bengkel manapun.

Apakah ada sangkut pautnya dengan ruang mesin mobil itu disiram atau dicuci atau bagaimana. Saya takut terjadi apa-apa pada mobil saya. Mohon bantuannya detikOto. Terima kasih.

Muhammad Rio Pratama
Bekasi

Jawaban


Hallo Rio, salam detikOto.

Menjawab pertanyaan mengenai bau terbakar, bau kalau boleh tahu, tercium seperti apa ya? Apa seperti oli yang terbakar, karet atau plastik terbakar?

Sebab jika bau oli, karet atau plastik, walau sesekali, harus segera dicek, karena khawatirnya ada komponen yang terbakar.

Tetapi jika bau kebakar saja, dan jika hanya saat awal dan sesekali, kemungkinan adalah bau yang ditimbulkan oleh catalytic converter.

Jika hanya bau, sebetulnya dari aspek keamanan dan performa mobil tidak masalah. Kecuali jika dirasa tenaga mesin mulai ngeden. Kemungkinan TWC (three way catalyc converter) mulai mampet. Risikonya bukan hanya di tenaga yang loss atau hilang tetapi TWC juga akan menjadi sangat panas dan berpotensi membakar benda lain.

Untuk mengetahui penyebabnya, silakan anda merujuk lagi ke bengkel resmi kepercayaan Anda.

Terima kasih
Iwan Abdurrahman, Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM)



(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment