Friday, October 30, 2015

Ketika 5 Bos Produsen Mobil Jepang 'Akur' Duduk Satu Panggung

Ketika 5 Bos Produsen Mobil Jepang Tokyo - Kalau soal jualan mobil di pasaran, 5 produsen Jepang, Toyota, Honda, Nissan, Mitsubishi, dan Mazda bersaing dengan ganas dan ketat. Tetapi bagaimana ketika mereka duduk sepanggung? Saling cakar-cakaran?

Event yang jarang terlihat di Indonesia itu disaksikan detikOto dalam sebuah konferensi mengenai mobilityscape Tokyo Motor Show. Para bos besar ini pastinya tidak saling cakar-cakaran, malah kelima bos itu bisa harmonis dan selalu menebar senyum.

Lima bos besar itu adalah Presiden Honda Motor Co Fumihiko Ike, Wakil Chairman Nissan Motor Co Hiroto Saikawa, Presiden Toyota Akio Toyoda, Presiden dan COO Mitsubishi Motors Tetsuro Aikawa dan terakhir Presiden dan CEO Mazda, Masamichi Kogai.

Kelimanya menjadi pembicara dalam konferensi yang diadakan oleh Japan Automobile Manufacturers Association, Inc, (JAMA) atau asosiasi produsen mobil Jepang. Yang memimpin JAMA kali ini adalah bos Honda Fumihiko Ike. Diskusi dengan tema yang agak berat ini dimoderasi oleh seorang wanita.

Jadi wajar ketika mereka duduk bersama seperti itu muncul pertanyaan soal bagaimana mereka menyeimbangkan kerja sama dan soal kompetisi dalam merebut hati pelanggan dari wartawan yang datang ke konferensi ini. Para wartawan ini datang dari seluruh dunia.

Menanggapi pertanyaan mengenai kompetisi yang kian berat di saat pelemahan ekonomi global, mereka terlihat santai.

"Memang kami berkompetisi, tetapi kami juga menyadari kalau ada kerja sama ya kami kerja sama. Di Jepang kami harus proaktif, jika pemerintah tengah mengerjakan suatu proyek infrastruktur, produsen juga ikut bekerja sama," ujar Ike.

"Dari sisi bisinis memang kompetitif, tetapi Toyota juga menjalin aliansi dengan produsen mobil lain, jadi bagus," ujar bos Toyota, Akio Toyoda.

"Kompetisi itu tidak pernah terlintas di benak kami, kami fokus membuat produk yang berkualitas untuk masyarakat. Kami ingin individu yang membeli mobil kami merasa puas," ujar Aikawa.


(ddn/rgr)

0 comments:

Post a Comment