Wednesday, October 21, 2015

Kurangi Polusi, Kota Ini Rencanakan Bebas Mobil di 2019

Kurangi Polusi, Kota Ini Rencanakan Bebas Mobil di 2019Oslo - Ibukota Norwegia, Oslo bakal melarang keberadaan semua mobil di kota itu. Hal tersebut dilakukan guna mengurangi polusi udara yang kian meningkat.

Pada 2019 nanti, seluruh mobil dilarang berada di Oslo. Norwegia adalah negara yang pertama kali menerapkan dengan tegas dan komprehensif tentang pelarangan mobil ini. Tercatat ada 350 ribu unit mobil yang berada di pusat kota Oslo.

Sebelumnya, Paris juga membuat peraturan sementara yang mengatur pelarangan mobil dan kendaraan lainnya. Diikuti dengan London dan Madrid yang membuat peraturan untuk mengurangi polusi udara.

Dikutip dari Fortune pada Kamis (22/10/2015), Ketua negosiasi dari Oslo Green Party, Lan Marie Nguyen Berg mengatakan, Norwegia ingin memiliki pusat kota yang bebas dari kendaraan. "Kami ingin membuat lota lebih baik bagi pejalan kaki, pengendara sepeda," tambahnya.

Kota yang berada di negara Skandinavia ini akan membangun jalur sepeda sejauh 60 km dalam empat tahun ke depan. Jalur tersebut diharapkan dapat membuat pengendara sepeda merasa nyaman.

Namun bukan berarti penggunaan mobil dilarang penuh di kota yang berpenduduk 600 ribu jiwa ini. Mobil diperbolehkan melintas di dalam kota bagi kaum disabilitas dan mengantar barang ke toko.

Menurut Otolovers, apakah Jakarta akan mengikuti jejak Oslo nantinya untuk mengurangi macet dan polusi?


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment