Wednesday, October 21, 2015

Ban Pirelli Indonesia Sudah Tembus Pasar Amerika Utara

Ban Pirelli Indonesia Sudah Tembus Pasar Amerika UtaraSubang - PT Evoluzione Tyres yang merupakan perusahaan patungan antara Pirelli Italia dengan PT Astra Otoparts Tbk, mulai membangun pabrik di Purwadadi, Subang, Jawa Barat 2014 lalu. Namun, kini produknya sudah menembus pasar Brasilia dan wilayah Amerika Utara.

“Selain pasar domestik, produk Pirelli dari Indonesia juga sudah menembus Brasilia dan negara lain di wilayah Amerika Utara. Kapasitas terpasang pabrik yang berdiri di lahan seluas 30 hektar ini mencapai 7 juta unit, yang sudah terpakai baru 1 juta unit,” papar Head â€Â" Tire & Tube Department Marketing Division PT Astra Otoparts Tbk Ifan Martin, di Subang, Jawa Barat.

Ban yang diekspor ke wilayah tersebut adalah ban Pirelli dan ban bemerek Metzeler yang juga dibuat di pabrik tersebut. Meski tak menyebut volume, Martin menyatakan tren ekspor tersebut bertumbuh baik ekspor secara langsung maupun berupa ban yang digunakan oleh pabrikan tertentu sebagai ban standar pabrikan (OEM).

“Bahkan, dengan brand motor tertentu, kita saat ini sedang melakukan pembicaraan untuk penggunaan ban Pirelli yang digunakan di motor sport 250 cc produksinya yang diekspor ke wilayah Amerika dan Eropa,” paparnya.

Hal senada diungkapkan Business Unit Moto Asia-Pacific Marketing Manager Pirelli AsiaPasifik, Enrico Maria d’Aloja.

Menurutnya, Pirelli di wilayah Asia-Pasifik terus melakukan pendekatan ke pabrikan motor terutama yang memproduksi motor sport 150-250 cc atau bahkan 300 cc untuk menggunakan ban buatannya.

“Apalagi, kami memproduksi Angel City yang memang dibuat dengan varian untuk motor underbone, dan motor sport 150 sampai 300 cc. Pasar ini perkembangannya sangat bagus, terutama Indonesia,” ujarnya.

Menurut hasil penelitian Pirelli Asia-Pasifik, pengguna potensial ban ini di wilayah itu diperkirakan mencapai 40 juta unit. Dari jumlah itu terbesar di Indonesia. Maklum, segmen motor sport 150 â€Â" 250 yang merupakan segmen entry level untuk motor sport di Indonesia perkembangannya semakin bagus.

“Informasi dari industri sepeda motor Indonesia, segmen motor sport terus bertumbuh seperti segmen skuter. Tetapi untuk segmen bebek juga masih terus eksis mengingat kondisi jalan dan geografis. Ini saya kira menjadi potensi pendorong pasar bagi produk kami,” paparnya.

Ihwal ekspor untuk ban Angel City selain ban-ban lain yang telah diproduksi Pirelli Indonesia, Enrico mengaku sangat besar kemungkinannya. Bahkan, di luar wilayah Asia Pasifik sekali pun.

“Pertama karena ban ini dirancang untuk bisa dipakai di cuaca panas maupun dingin, juga memiliki keunggulan sebagai penopang kelincahan dan kestabilan motor. Saya kira negara lain di Asia Pasifik akan menjadi target (ekspor),” kata dia tanpa bersedia menyebut waktu untuk ekspor.




(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment