Wednesday, October 21, 2015

Polisi: Perlu Ada Sekolah Mengemudi yang Formal

Polisi: Perlu Ada Sekolah Mengemudi yang FormalJakarta - Untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) beberapa persiapan dilakukan, salah satunya mengikuti kursus atau sekolah mengemudi. Sekolah mengemudi yang formal penting untuk mempersiapkan pengemudi agar terampil dalam berkendara.

Fungsi sekolah mengemudi tak hanya agar calon pengemudi terampil tetapi juga memiliki pengetahuan dalam berkendara. Sayangnya keberadaan sekolah mengemudi di Indonesia saat ini masih minim. Alhasil banyak masyarakat yang membuat SIM tanpa harus mempersiapkan diri lewat sekolah mengemudi atau kursus.

"Sekolah mengemudi penting karena dengan adanya sekolah mengemudi, pengemudi paham baik teori maupun praktek dalam berkendara. Saat ujian membuat SIM jadi mudah. Kenyataannya di Indonesia saat ini sekolah mengemudi masih sedikit justru yang lebih banyak kursus setir,"ujar Kepala Bidang Manajemen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korps Lalu Lintas Polri Komisaris Besar Unggul Sedyantoro di Jakarta.

Unggul juga mengatakan peran pemerintah daerah sangat penting untuk membangkitkan berdirinya sekolah mengemudi tiap daerah. Sekolah mengemudi yang didirikan harus mendapat izin dari Pemda setempat serta instrukturnya memiliki sertifikasi langsung dari kepolisian.

"Kalau kursus setir kan keterampilan saja, teorinya tidak ada. Untuk mendirikan sekolah mengemudi juga harus ada izin dari pemerintah daerah dan instrukturnya punya sertifikasi dari kepolisian. Ini peran pemda untuk meningkatkan jumlah sekolah mengemudi yang formal," lanjutnya.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment