Wednesday, October 21, 2015

Ini Klaim Pirelli Soal Uji Ketahanan Ban Buatannya

Ini Klaim Pirelli Soal Uji Ketahanan Ban BuatannyaSubang - PT Evolizione Tyres atau Pirelli Indonesia mengklaim sudah melakukan serangkaian uji kualitas ban Angel City buatannya secara ketat bahkan melebihi standar sebelum diluncurkan ke pasar.

Pengujian fatigue ban tersebut bahkan dilakukan dengan menggunakan alat khusus dengan jarak setara 5 ribu kilometer selama 125 jam.

“Kami melakukan tes ini secara nonstop selama 125 jam dengan alat yang sangat menyerupai permukaan lintasan atau jalan seperti aspal. Kami ingin mengetahui seberapa besar ketahanan ban,” ungkap Iwan, petugas bagian teknik di pabrik ban Pirelli di Purwadadi, Subang, Jawa Barat.

Menurutnya, jika standar umumnya menetapkan pengujian dilakukan selama 34 jam, maka Pirelli menetapkan standar waktu pengujian hingga 95 jam. Namun, faktanya, ban masih tahan hingga waktu maksimal yang ditetapkan sehingga terus dilakukan pengujian hingga rata-rata mencapai 125 jam.

“Jadi jauh di atas standar yang ditetapkan,” kata Iwan.

Sementara itu, Tierri Corte, Asia Pasific Commercial Director Pirelli Asia Pte Ltd mengatakan, Angel City dikembangkan di tiga negara yaitu Indonesia, Italia, serta Barsilia. Ban ini dirancang dengan menggunakan tiga pendekatan tiga unsur yakni keamanan, kenyamanan, serta pendukung performa kendaraan yang menggunakannya.

Dia mengklaim ban Angel City memiliki kemampuan grip baik pada lintasan basah maupun kering, serta mendukung handling motor yang ringan dan stabil di saat kecepatan tinggi. “Material yang kami gunakan merupakan kombinasi antara carbon black yang mendukung grip, silica dengan kemampuan grip di medan basah bersuhu rendah, dan resin yang berfungsi untuk menjaga performa ban,” ucapnya.

Dengan racikan khusus itu, kata Tierri, ban besutan pabrikannya memiliki keunggulan durabilitas hingga 30 persen lebih lama ketimbang ban sejenis dan sekelas dari merek lain. Ban ini ditawarkan dalam enam pilihan ukuran untuk roda depan 70/90 â€Â" 110/70 dan delapan ukuran untuk roda belakang 80/90 â€Â" 150/60 R 17.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment