Wednesday, October 21, 2015

Setang Seher Rusak, Bikin Mesin Berisik?

Setang Seher Rusak, Bikin Mesin Berisik?Jakarta - Hallo detikOto, saya mempunyai sepeda motor Honda Spacy tetapi motor mengeluarkan suara yang berisik sekali. Saya sudah cek dan ganti rolernya tapi masih tetap berisik.

Apakah benar kalau yang rusak setang sehernya, itu kata mekanik saya. mohon pencerahan karena lumayan besar juga untuk biayanya.

Terima kasih?

Alfin Nurcholis
via email

Jawaban

Hallo Bro Alfin, salam detikOto.

Suara berisik pada mesin Spacy Anda bisa dari beberapa hal, jika suaranya berbunyi klok klok klok dan bunyinya berasa pada saat Anda menarik gas baik pada posisi motor diam maupun saat jalan, maka ini bisa kemungkinan suara keausan pada stang seher atau pin piston. Kedua komponen ini biasanya kalau aus akan timbul suara seperti di atas.

Kalau suaranya klek klek klek dan timbulnya hanya saat posisi motor diam bisa jadi ini karena rantai ketengnya yang mulai aus.

Tapi kalo suara berisiknya semacam bising tidak seperti suara di atas maka kemungkinan ini indikasi kerusakan pada komponen bearing di dalam mesin.

Namun untuk lebih pastinya harus dilakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui sumber suaranya darimana apakah dari blok mesin atas, atau blok CVT atau blok mesin bagian tengah.

Saran saya dibawa ke ahlinya di bengkel resmi kepercayaan Anda. Demikian jawaban singkat dari saya semoga bermanfaat.

Andriyanto, Bintang Motor


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment