Wednesday, October 21, 2015

Didominasi Hyundai dan Kia, GM Korea Hadapi Persaingan Ketat

Didominasi Hyundai dan Kia, GM Korea Hadapi Persaingan KetatBupyeong - Di Negeri Ginseng, Korea Selatan, dua merek negeri sendiri yakni Hyundai dan Kia sangat mendominasi. Di jalanan Korea Selatan, Anda pasti selalu melihat mobil Hyundai atau Kia.

Bahkan, pabrikan asal Amerika Serikat, General Motors (GM) pun mengakui kedigdayaan dua merek itu di negeri sendiri. Hal itu disampaikan oleh Vice President GM Korea, Marc Comeau.

"Di Korea persaingan sangat ketat. Korea memiliki 2 produsen mobil sendiri," sebut Marc di pabrik GM Korea di Bupyeong, Korea Selatan.

Meski berstatus sebagai produsen dari luar negeri, GM tetap ingin mengambil market share di Korea Selatan. Sebab, porsi penjualan dua merek lokal Korea Selatan itu sudah cukup besar.

"Tugas kami adalah menempatkan Chevrolet di antara dua automaker lokal, Hyundai dan Kia yang mengambil pangsa pasar 75 persen di pasar," kata Marc.

Bahkan, dalam beberapa tahun lalu, masyarakat Korea Selatan lebih memilih Hyundai dan Kia ketimbang merek mobil lainnya. Itulah yang menjadi PR produsen asal Amerika dan Eropa untuk menggarap pasar Korea Selatan.

"Dalam beberapa tahun, pilihan untuk masyarakat Korea hanyalah Hyundai dan Kia. Sama halnya dengan Indonesia di mana merek Jepang sangat mendominasi. Itu yang menjadi tugas produsen Amerika atau brand lainnya," ujarnya.

"Tapi tidak masalah apa yang menjadi pilihan orang Korea atau orang Indonesia. Fokus kami adalah menjadi kompetitor kunci sebenarnya," lanjutnya.

Untuk itu, GM Korea memiliki strategi khusus. Salah satunya adalah dengan membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk dari GM.

"Untuk menghadapi kompetisi dan tetap bertahan, kami harus membangun kepercayaan dan menyemangati pegawai kami," ujarnya.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment