Monday, November 30, 2015

Ada Program 1 Desa 1 Miliar, Pemerintah Yakin Mobil Khusus Pedesaan Ngehit

Ada Program 1 Desa 1 Miliar, Pemerintah Yakin Mobil Khusus Pedesaan NgehitJakarta - Sektor industri otomotif di Indonesia tidak hanya berfokus pada penjualan dan komersial. Pemerintah lewat Kementerian Perindustrian tengah merancang mobil yang dikhususkan untuk wilayah di pedesaan.

Menggunakan alokasi dana program satu desa satu miliar, pemerintah berharap produksi mobil pedesaan dapat berjalan dengan sukses. Hal itu bakal berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Namun rencana produksi mobil pedesaan tersebut masih dalam tahap pengembangan. Pihak Kementerian Perindustrian mengatakan masih menunggu alokasi dana dari program satu desa satu miliar.

"Kita dorong mobil populer sekarang yaitu mobil pedesaan. Mobil tersebut spesial kita desain di wilayah pertanian. Kita rancang sedemikian rupa," ujar Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan dalam kunjungan ke kantor detikcom, Senin (30/11/2015).

"Ini masih dalam tahap development. kita melihat alokasi dana program satu desa atu miliar. Dengan adanya mobil pedesaan, mobilitas tiap desa terbangun," sambungnya.

Konsep mobil pedesaan muncul pada Februari 2011 lalu pada pemerintahan Presiden SBY. Waktu itu dikembangkan program pro rakyat dalam upaya menanggulangi kemiskinan yang meliputi 6 hal yaitu rumah super murah, angkutan umum murah, program air bersih, program listrik murah dan hemat, program peningkatan hidup nelayan dan masyarakat pinggir kota.

Pemerintah sendiri sebenarnya sudah menargetkan mobil pedesaan ini akan dirilis pada 2016.

Sebenarnya pabrikan sudah ada memperlihatkan mobil pedesaan, salah satunya Magic Iris. Kalau dijual di pasaran mobil akan dibanderol seharga sekitar Rp 70-90 jutaan.

Mobil menggunakan mesin 611 cc dua silinder yang berbahan bakar gas yakni CNG (Compressed Natural Gas). Tenaga yang dihasilkan mencapai 9,9 kW pada 300 rpm dan torsinya 39 Nm pada 1.600 1.800 rpm.


(ddn/ddn)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment