Tuesday, November 17, 2015

Harga Toyota FJ Cruiser Bekas Meroket di AS, Ini Alasannya

Harga Toyota FJ Cruiser Bekas Meroket di AS, Ini AlasannyaVirginia - Harga mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota FJ Cruiser bekas di Amerika Serikat akhir-akhir ini melonjak tajam. Langkanya populasi mobil itu setelah Toyota menghentikan produksinya, dinilai sebagai pemicu lonjakan itu.

Seperti dilaporkan Automotive News, Selasa (17/11/2015), indikasi lonjakan harga itu dialami oleh salah seorang manajer perusahaan penjualan mobil bekas Toyota di di Gloucester, Virginia, Amerika Serikat, Neal Wheat. Tiga minggu lalu, dia ingin membeli sebuah FJ Cuiser bekas yang berumur delapan tahun dengan catatan di odometer yang menunjukan mobil telah berjalan sejauh 139.200 kilometer.

Wheat terperanjat saat seseorang yang menjual mobil itu dalam sebuah lelang, ditawar oleh sebuah dealer mobil bekas dengan banderol US$ 18.000 atau sekitar Rp 247 juta. Dia pantas terkaget, karena harga sebesar itu sama halnya 60 persen dari harga saat mobil tersebut masih baru.

Padahal, umumnya, mobil dengan usia itu dan telah menempuh jarak lebih ratusan ribu kilometer sudah di bawah 50 persen. Lantas mengapa hal itu terjadi?

Salah satu alasan yang kuat adalah, karena Toyota telah menghentinkan produksi mobil itu di Amerika Serikat pada 2014 lalu. Padahal, ketangguhan dan tampilan mobil yang oke, banyak diakui oleh berbagai kalangan.

Sementara, sejak diluncurkan pertama kali pada 2007 hingga mobil dihentikan produksinya, jumlah populasi mobil ini di Negeri Paman Sam hanya 222.000 unit. Karena itulah, banyak konsumen yang menilai mobil ini eksklusif.

Indikasi masih tingginya harga jual Toyota FJ Cruiser bekas juga ditunjukan National Automobile Dealers Association (NADA) atau asosiasi diler mobil bekas di Amerika Serikat. Menurut catatan lembaga ini, harga yang dipatok oleh pemilik diler saat bertransaksi dalam skema tukar tambah masih senilai US$ 25.275 atau sekitar 346,3 juta.


(arf/rgr)

0 comments:

Post a Comment