Tuesday, November 17, 2015

Mobil Bermesin Bensin Jadi Primadona Ekspor Toyota Indonesia

Mobil Bermesin Bensin Jadi Primadona Ekspor Toyota IndonesiaKarawang - Mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah merambah pasar ekspor di beberapa benua. Dalam proses produksi, terdapat dua jenis mesin yang diproduksi Toyota pada mobil, baik mesin berbahan bakar bensin maupun diesel. Manakah yang jadi primadona untuk ekspor Toyota?

Saat ini TMMIN memproduksi 5 model mobil diantaranya Kijang Innova, Fortuner, Etios, Yaris, dan Vios. Kelima model tersebut memiliki segmen pasar ekspor ke beberapa negara.

Kelima model tersebut diproduksi dengan pilihan mesin diesel maupun mesin bensin. Untuk pasar ekspor, dijelaskan oleh Direktur Produksi Engineering TMMIN Karawang, Nandi Julianto menjelaskan bahwa mobil yang diproduksi TMMIN dengan mesin berbahan bakar bensin menjadi priortitas penjualan pasar ekspor.

"Kalau produksi domestik 30 persen adalah diesel. Tapi kalau ekspor enggak ada diesel. Misalnya saja untuk ekspor ke Timur Tengah. Di sana maunya top speed dengan cepat jadi kalau pakai diesel susah. Ekspor kita fokus di gasoline," ujar Nandi.

Ia menambahkan, "Hanya sedikit ekspor kita dengan mesin diesel. Contohnya ke Filipina, kita ekspor Fortuner diesel 300 unit per bulan. Hanya untuk Filipina saja."

Ekspor mobil produksi TMMIN tersebar di beberapa negara seperti Brunei, Bermuda, Thailand, Barbados, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Panama, El Savador, Kolombia, Peru, Kostarika, dan negara lainnya. Tahun lalu, jumlah ekspor mobil produksi TMMIN mencapai 689 ribu unit kendaraan.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment