Tuesday, November 17, 2015

Ini Keterampilan Wajib Karyawan Toyota Indonesia

Ini Keterampilan Wajib Karyawan Toyota IndonesiaKarawang - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) saat ini memiliki karyawan lebih dari 8 ribu orang. Dalam memilih karyawan, Toyota tentunya sangat selektif untuk menjaga nilai, visi, dan misi perusahaan serta kualitas produk. Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan Toyota untuk mempersiapkan karyawan baru untuk siap bekerja sesuai dengan standar perusahaan?

Direktur Administrasi TMMIN, Bob Azam menjelaskan, setiap fungsi pekerjaan memiliki keterampilan yang berbeda-beda. Sehingga waktu persiapan antar karyawan pun beragam. Semakin tinggi keterampilan yang harus dimiliki oleh karyawan, semakin lama pula waktu untuk pelatihannya.

Namun di luar hal tersebut, Bob menambahkan, basic rule seperti budaya dan keselamatan bekerja merupakan pengetahuan dan skill utama yang harus dipelajari oleh karyawan baru.

"Pekerjaan masing-masing berbeda. Ada skill yang waktunya cukup lama misal maintenance 2-3 tahun kita siapkan. Kalau kita mau expand di maintenance, basic knowledge harus tinggi. Tapi secara umum 1 bulan kita siapkan basic rule supaya mereka bisa mengikuti ketentuan dasar yang ada di pabrik," ujar Bob Azam.

"Secara umum satu bulan kita siapkan basic rule supaya mereka bisa mengikuti ketentuan dasar yang ada di pabrik. Biasanya mereka di luar menyebrang jalan biasa saja tapi di pabrik tidak bisa. Selain itu menghadapi abnormality di pabrik, apa yang harus mereka lakukan. Untuk pengetahuan dasar tentang pekerjaan di bidang masing-masing selama 3 bulan. Jadi kita butuh waktu minimal 4 bulan untuk skill dasar tapi untuk yang lebih tinggi, lebih lama lagi," lanjutnya.

Untuk mempersiapkan skill yang dibutuhkan karyawan, Toyota mendirikan Toyota Learning Center dengan sejumlah program pelatihandan pengembangan sumber daya manusia yang telah dirancang oleh instruktur.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment