Thursday, November 19, 2015

Mesin Bensin VW Ikut Terlibat Skandal Emisi

Mesin Bensin VW Ikut Terlibat Skandal EmisiWolfsburg - Sejak September lalu, Volkswagen (VW) Group terlibat skandal emisi yang memanipulasi kadar karbon dioksida (CO2) dengan menggunakan perangkat khusus pada mesin diesel. Namun mesin bensin VW juga terlibat skandal emisi.

Seperti detikOto kutip dari Reuters, Kamis (19/11/2015), juru bicara VW mengatakan, pihaknya telah memeriksa tingkat emisi CO2 pada sekitar 800 ribu mobil yang dijual terutama di Eropa dan konsekuensi penggunaan bahan bakar.

Dikatakan, perbedaan emisi secara dominan ada pada mesin diesel 1.2 liter dan 1.4 liter serta satu mesin bensin 1.4 liter.

VW juga mengatakan telah mengidentifikasi tingkat CO2 yang tidak masuk akal dalam model bensin seperti mesin bensin 1.0 liter pada SEAT Ibiza, 1.2 liter pada VW Jetta dan 2.0 liter pada VW Passat.

24 model lainnya dari total 140 kendaraan VW Group tercantum dalam lampiran model yang terkena dampak. Seorang juru bicara VW mengatakan, pihaknya menemukan lebih banyak mesin bensin yang terlibat dengan manipulasi CO2 daripada yang diungkapkan sebelumnya.

Sementara itu, masalah efisiensi bahan bakar dan emisi CO2 telah memperdalam krisis di VW. Diperkirakan, VW harus merogoh dana hingga 2 miliar euro terkait dengan masalah ini.

Skandal emisi ini awalnya berfokus pada 11 juta kendaraan diesel di seluruh dunia yang diakui VW pada September lalu. VW juga telah menyiapkan dana sebesar 6,7 miliar euro untuk menutup biaya terkait masalah ini.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment