Thursday, November 19, 2015

Pakai Baterai Ringan, Konsumsi BBM Toyota Prius Sampai 40 Km/liter

Pakai Baterai Ringan, Konsumsi BBM Toyota Prius Sampai 40 Km/literFuji - Beberapa waktu lalu Toyota resmi meluncurkan Prius yang memasuki generasi keempat. Produsen mobil asal Jepang itu pun mengadakan acara test drive di Fuji Speedway untuk membuktikan keandalan Toyota Prius terbaru.

Prius generasi keempat ini pertama kali menerapkan Toyota New Global Architecture (TNGA). Mobil ini didesain dengan perubahan skala besar termasuk efisiensi bahan bakar hingga 40 km/liter.

Ada dua pilihan pada Prius yang ditawarkan oleh Toyota yakni baterai nikel-hidrogen dan baterai lithium-ion. Baterai itu menawarkan densitas energi yang tinggi dan penggunaan baterai lithium-ion ringan bisa menghasilkan efisiensi hingga 40 km/liter.

Itu adalah rekor dunia untuk mobil yang dilengkapi mesin bensin. Rekor pengaturan hasil konsumsi bahan bakar ini diposisikan sebagai model entry level dengan harga terendah.

"Baterai nikel-hidrogen memiliki berat 40 kg dan baterai lithium-ion 25 kg. Perbedaan 15 kg ini membuat perbedaan besar dalam hal efisiensi bahan bakar," kata Kepala Divisi Pengembangan Sistem Kendaraan Hybrid, Shunsuke Fushiki.

Namun, kata dia, kedua tipe mobil itu menunjukkan performa mengemudi yang sama baiknya. Meski ada kekhawatiran tentang harga baterai lithium-ion untuk tipe entry level, ia mengatakan bahwa mereka berhasil menekan harga yang hampir sama dengan versi nikel-hidrogen.

"Kami juga mendapat dukungan mantap dari pelanggan korporat yang sangat mementingkan efisiensi bahan bakar untuk mobil entry level," kata Cihef Engineer Koji Toyoshima.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment