Tuesday, November 3, 2015

Toyota FCV Plus, Mobil Hidrogen yang Bisa Menyuplai Listrik untuk Rumah dan Kantor

Toyota FCV Plus, Mobil Hidrogen yang Bisa Menyuplai Listrik untuk Rumah dan KantorTokyo - Bagi produsen mobil, mobil bertenaga hidrogen merupakan salah satu alternatif paling menguntungkan di masa depan. Toyota mulai memperbanyak line up hidrogen setelah tahun lalu merilis mobil Mirai.

Di Tokyo Motor Show, Toyota memamerkan mobil hidrogen Toyota FCV Plus. Mobil masih berupa konsep, dan dari pengamatan detikOto mirip dengan mobil-mobil di film atau mobil mainan dengan kaca transparan berwarna biru tosca-nya.

Dari sisi ukuran, mobil tidak jauh berbeda dengan hatchback Yaris. Mobil memiliki dimensi PxLxTx wheelbase sebesar 3.800 mm, 1.750 mm, 1.540 mm dan 3.000 mm.

Mobil diciptakan Toyota agar bisa menjadi generator listrik, jadi selain menghasilkan listrik untuk memutar roda, tenaga listrik dari mobil juga bisa digunakan untuk menyalakan lampu-lampu di rumah atau untuk perlengkapan listrik lainnya.

Berbeda dengan Mirai, FCV Plus ini menempatkan fuel cell stack di antara roda depan, sementara tangki hidrogen ditempatkan di belakang bangku kedua.

Yang menarik, FCV Plus meletakkan motor di masing-masing empat roda, sehingga secara tidak langsung, FCV Plus ini bisa disebut sebagai 4WD.