Thursday, December 3, 2015

Fiat: 124 Spider Bukan Sekadar Kembaran Mazda MX-5

Fiat: 124 Spider Bukan Sekadar Kembaran Mazda MX-5Sydney - Fiat 124 Spider yang menggunakan platform Mazda MX-5 memang terlihat seperti hanya pengubahan logo dan merek (rebadge). Namun, Fiat mengatakan, 124 Spider bukan sekadar rebadge dari Mazda MX-5.

Diberitakan Caradvice, Jumat (4/12/2015), Fiat mengklaim, meski menggunakan platform yang sama, Fiat 124 Spider memiliki gaya yang sama sekali berbeda. Filosofi ketika dilihat dari tampilan dan kedinamisan juga berbeda.

Tentu ada beberapa kesamaan antara dua model ini. Namun, Fiat ingin memperjelas bahwa 124 Spider bukan hanya rebadge dari Mazda.

"Saya tidak berpikir sebagai satu produk dari pabrik mereka, itu tentu mengatakan mereka memiliki volume yang cukup sehingga kita melakukan pengembangan bersama dan pengembangan kami memiliki lembaran logam yang berbeda, powertrain berbeda, tampilan berbeda dan kami tidak hanya badge-engineered kendaraan ini. Ketika mereka mendesain mobil ini, mereka tidak melihat Mazda, setiap panel di luar berbeda," kata bos Fiat Australia, Pat Dougherty.

Hal senada juga diakui oleh Kepala Merek Fiat dan Kepala Pemasaran FCA, Olivier Francois. Namun, dia tidak menyangkal bahwa Fiat 124 Spider merupakan hasil kolaborasi dengan Mazda.

"Itu sebagian benar. Ini bukan persepsi, tapi tidak bisa disangkal ini adalah produk kolaborasi dengan Mazda, saya tidak akan menyangkal. Itu kenyataan. Tapi, kami telah mengerjakan mesinnya. Mesin 1.4L dibuat di Italia. Seluruh desain jelas dibuat di Italia," katanya.




(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment