Wednesday, December 30, 2015

Sosok Berjasa di Balik Peta Nokia HERE untuk Mobil Otonom

Sosok Berjasa di Balik Peta Nokia HERE untuk Mobil OtonomSan Francisco - Pengembangan mobil otonom membuat teknologi pendukungnya juga ikut berkembang. Salah satunya peta digital yang mendukung perjalanan mobil otonom di masa depan, HERE. Salah satu sosok yang berjasa dalam pengembangan peta dengan resolusi tinggi di HERE ialah John Ristevski.

Pemetaan jalanan dengan detail adalah salah satu hal penting bagi mobil otonom. Adanya peta dapat membantu mobil otonom untuk mengatur kecepatan yang dibutuhkan berdasarkan jalanan yang dilintasi.

Melihat peluang tersebut, HERE didirikan untuk menyediakan peta digital yang digunakan untuk mobil otonom maupun mobil yang terhubung dengan internet.

HERE berada di bawah perusahaan smartphone, Nokia dengan 6.500 karyawan di 50 negara. Saat ini HERE telah mengoleksi 200 data kendaraan yang didapat dari lebih dari 1.000 kota yang tersebar di 100 negara.

Dilansir USA Today, Rabu (30/12/2015), salah satu orang yang berjasa dalam pengembangan HERE adalah John Ristevski. Saat ini, pria yang meraih gelar PhD dari University of California Berkeley menjabat sebagai Wakil Presiden Reality Capture & Processing HERE.

Ia bersama timnya bekerja selama tiga tahun terakhir dalam pengembangan peta digital untuk mobil otonom, tidak hanya jalan yang terdapat di depan mobil saja tetapi juga di luar jalan.

"Salah satu rintangan terbesar dari mobil otonom adalah menjadi teknologi yang membuat pengendara menjadi nyaman. Dengan menggunakan peta yang disajikan detail, kami dapat membantu mobil lebih baik dalam memprediksi kecepatan yang dibutuhkan," kata pria yang pernah menjadi dosen di Stanford University itu.

Tiga misi yang John Ristevski lakukan bersama timnya yaitu melihat apa yang ada di jalan, mengetahui apa saja yang terdapat di sekeliling mobil pada kecepatan 128 km per jam sebelum mobil mencapainya, serta misi terakhir yaitu menetapkan posisi mobil dengan tepat pada presisi 20 sentimeter.

Bagi John, peta digital yang dibuat HERE adalah hal menarik untuk mengatasi masalah yang bakal dihadapi mobil otonom. Apalagi untuk mendapatkan peta jalanan yang selalu diperbaharui tiap waktu.

"Ini adalah masalah yang paling menarik, bagaimana untuk mendapatkan peta jalan dengan pembaharuan terkini. Mobil otonom punya banyak tantangan untuk dikemudikan, mulai dari isu soal peraturan hingga penerimaan budaya setempat, tapi saya yakin hal tersebut dapat dilalui dengan teknologi yang tepat," pungkas John.
(nkn/rgr)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment