Wednesday, February 27, 2013

Gunadi: Industri Sepeda Motor Nasional Diakui Dunia Internasional

Gunadi: Industri Sepeda Motor Nasional Diakui Dunia Internasional Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) yang juga Presiden Federation of Asian Motorcycle Industries (FAMI), Gunadi Sindhuwinata bertekad untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

Menurut Gunadi, bagaimanapun juga Indonesia merupakan pemain yang besar yang berada di 3 besar setelah China dan India. Tapi untuk di ASEAN, Indonesia paling besar.

"Jika dilihat dari sisi itu, Indonesia memiliki posisi lain selain pasar yang besar, fasilitas produksi yang banyak, Indonesia juga memiliki posisi yang politis," beber Gunadi.

Artinya nama Indonesia juga harus diangkat di forum internasional untuk industri motor.

Gunadi menuturkan kiprah industri motor nasional kini bukan hanya di FAMI saja tapi juga dalam level keanggotaan di IMA (International Manufacturing Association). Artinya suara Indonesia bisa didengar di sana.

Maka posisi Indonesia, lanjutnya, untuk me-manage, baik FAMI maupun IMA sangat penting sebagai yang mengendalikan organisasinya.

"Ini bisa menjadi batu loncatan untuk ke arah sana. Terutama untuk mengangkat nama Indonesia di mata internasional," saat ditemui di acara ulang tahun AISI ke-42 di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2013) malam.

Di sisi lain, lanjut Gunadi jika dilihat di dalam negeri posisi Indonesia yang terangkat ini juga dibagi oleh seluruh pemangku kepentingan.

"Jadi kita harapkan ini menjadi bahan sebagai tolak ukur bagi pemangku kepentingan kalau seumpamanya ingin melakukan kebijakan," lugasnya.

"Sedangkan kita tahu kebijakan ini juga belajar dari negara-negara lain. Itu satu sisi kita mendapatkan bahan masukan, tapi di sisi lain suara kita lebih didengar di dalam dan saya siap mengharumkan nama Indonesia di mata internasional," tutupnya.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment