Wednesday, February 27, 2013

Ini Definisi Baru 'Dirty Biker' Menurut Kamus Oxford

Ini Definisi Baru Oxford - Dalam dunia roda dua, para pemotor urakan selalu ada dimana saja. Namun, karena dianggap sudah ketinggalan jaman, Kamus Oxford pun merevisi definisi dari 'pemotor dekil' alias dirty biker.

Sebelumnya, Oxford English Dictionary yang diterbitkan oleh Oxford University Press menjabarkan kalau dirty biker itu adalah 'pemotor, terutama orang yang merupakan anggota geng: rambut panjang dengan pakaian kotor.'

Definisi itu banyak diprotes karena dianggap sudah ketinggalan jaman. Sebab saat ini hanya 9 persen biker Inggris yang berambut panjang itu artinya hanya 1 diantara 10 orang biker.

Selain itu, hampir setengah dari bikers Inggris (42 persen) ternyata sudah benar-benar bebas dari tato, tindik, dengan muka klimis.

Karena itulah, hampir tiga perempat atau 74 persen percaya bahwa definisi lama sudah tidak akurat, dengan 21 persen diantaranya marah karena definisi itu dengan sejumlah alasan yang melatarinya.

Lebih dari setengah, 60 persen, percaya bahwa definisi lama sudah usang dan tidak relevan, dan hanya 2 persen yang mengatakan kalau definisi lama itu adalah "benar dan akurat" dalam jajak pendapat yang melibatkan 524 bikers itu.

Uniknya, sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi Bennetts menemukan kalau 65 persen dari pengendara sepeda motor menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk berkendara sendiri, bukan ikut komunitas atau geng. Terlebih kebanyakan orang yang senang naik motor di Inggris adalah mereka yang berada di kelas menengah.

Untuk itu, deskripsi dirty biker pun dirubah, meski sebenarnya tidak betul-betul mendefinisikan makna dari dirty biker yang sebenarnya. Karena kini dalam Kamus Oxford terbaru dirty biker didefinisikan sebagai 'pemotor, terutama yang merupakan anggota dari geng atau kelompok: biker terlibat dalam tabrakan dengan mobil.'

Pemotor di era sekarang ini pun dianggap tidaklah sama dengan era awal 60an dimana komunitas-komunitas motor mulai terbentuk dan saling bersaing ketat hingga terkadang menyentuh hal-hal yang menggelisahkan masyarakat.

"Jelas dari penelitian ini bahwa citra pengendara motor pada tahun 2013 ini tidak sama dengan 50 tahun yang lalu. Kami sangat senang definisi Oxford Dictionary akhirnya telah diperbarui," kata Hannah Squirrell dari Bennetts seperti detikOto kutip dari Telegraph.

Juru bicara Oxford University Press Nicola Burton mengatakan kalau perubahan definisi itu dibuat pada 22 Februari. "Perubahan ini telah dibuat untuk mencerminkan pergeseran kecil dalam penggunaan kata kontemporer 'biker'. Penelitian kami menunjukkan 'biker' sekarang lebih erat dengan kata 'motor' dibanding dengan kata-kata seperti 'hell's angel'," jelasnya.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment