Friday, May 31, 2013

Bajaj: Pulsar 200NS Tidak Bisa Service di Bengkel Bajaj

Bajaj: Pulsar 200NS Tidak Bisa Service di Bengkel Bajaj Jakarta - Motor tiga busi milik Bajaj, Pulsar 200NS akan segera dipasarkan. Namun motor ini tidak akan dijual di dealer Bajaj, melainkan di dealer Kawasaki. Bengkel Bajaj pun tidak bisa service motor ini.

National Service Manager PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) Jun Franco Purba menjelaskan kalau Bajaj Pulsar 200NS membutuhkan banyak special tools yang berbeda dibanding Pulsar yang ada sekarang.

"Ada 19 item special tools dari 200NS yang tidak ada di bengkel Bajaj saat ini, jadi bengkel Bajaj tidak bisa service motor ini," kata Jun.

Meski begitu, para mekanik Kawasaki ternyata di training oleh orang-orang BAI sebagai langkah awal Kawasaki yang bersiap memasarkan Pulsar 200NS. "Tapi untuk selanjutnya, Kawasaki akan jalan sendiri," ujar Jun.

Saat ini, tiga model Pulsar yang dipasarkan BAI --135, 180 dan 220-- menurut Jun memiliki 46 special tools. Untuk 200NS ada 19 special tools yang berbeda.

Meski begitu, BAI menurut Jun akan melihat perkembangan penjualan Pulsar 200NS di Kawasaki. Bila penjualan bagus, bukan tidak mungkin BAI akan pula menyediakan special tools Pulsar 200NS di bengkel-bengkel resmi miliknya meski tidak menjual motor tersebut.

Hal itu menurut Jun masih terbuka untuk dilakukan sekaligus untuk membantu Kawasaki yang jaringannya juga tidak sebanyak Honda dan Yamaha. "Bisa saja, untuk membantu Kawasaki. Kan bengkel kawasaki tidak banyak juga," tuntasnya.

Seperti diketahui, Bajaj Pulsar 200NS ini dijual di jaringan Kawasaki karena metode ini dianggap sukses di Filipina yang akan diadopsi di Indonesia.

Bajaj Pulsar 200NS sendiri adalah Pulsar generasi baru yang mengusung 3 busi dengan mesin generasi baru. Dengan begitu, mulai Pulsar 200NS serta model-model masa depan Bajaj kemungkinan besar akan dijual di dealer Kawasaki.

Bajaj Pulsar 200NS diperkuat mesin 200 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 23,5 bhp pada kitiran rpm 9.500 dengan torsi 18,3 Nm di 8.000 rpm.

Mesin tersebut kemudian berpadu padan dengan transmisi 6-speed. Dibandingkan dengan Pulsar 220 yang berkapasitas mesin lebih besar, tenaga Pulsar 200NS ini ternyata malah lebih besar. Sebab Pulsar 220 hanya bertenaga 21 bhp.

Penggunaan 3 busi diklaim Bajaj membuat pembakaran mesin lebih sempurna yang membuat efisiensi BBM meningkat. Bajaj mengklaim kalau rata-rata digunakan pada kecepatan 55 km/jam, Pulsar 200NS mampu memperlihatkan efisiensi BBM sampai 58 km/liter.

(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment