Friday, May 31, 2013

Mobil Jepang di China Mulai 'Tersenyum'

Mobil Jepang di China Mulai Beijing - Sejak akhir tahun lalu sengketa antara China dengan Jepang berdampak pada penjualan mobil. Mobil merek Jepang penjualannya langsung menurun drastis akibat adanya demo anti-jepang.

Perlahan nampaknya rasa dengki terhadap Jepang mulai memudar. Terbukti setiap bulannya mulai menunjukan titik terang bagi produsen mobil asal Jepang.

Puncaknya pada April 2013 yang seluruh penjualan mobil Jepang di China mulai meningkat. Ini merupakan kenaikan pertama sejak awal sengketa teritorial.

Dilansir Bloomberg, Jumat (31/5/2013) pabrikan Nissan menunjukan kenaikan di China sebesar 7,1 persen menjadi 106.797 unit, Toyota naik 8,7 persen dan Honda 5,9 persen di April 2013.

Hal itu juga didorong dengan meluncurkan model baru ke pasar China guna mengambil alih penjualan yang selama ini dikuasai oleh pabrikan Jerman dan Korea.

"Pabrikan akan terus meluncurkan model baru dan sentimen anti-Jepang secara bertahap akan berkurang. Saya mengharapkan pemulihan ini terus terjadi dalam beberapa bulan kedepan," kata seorang analisis mobil yang berbasis di Tokyo Issei Takahashi.

Sementara itu untuk target penjualan hingga akhir tahun 2013 ini, Nissan berharap penjualannya naik 16 persen. Lain halnya dengan Toyota yang berharap cepat pulih sebelum musim dingin.

(ady/ikh)

0 comments:

Post a Comment