Friday, May 31, 2013

Bukan Hanya Mobil dan Motor, Helm Juga Kena Recall

Bukan Hanya Mobil dan Motor, Helm Juga Kena Recall California - Bila sebuah produk bermasalah, produsen harus bertanggung jawab. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menarik kembali (recall) produk tersebut. Dan recall bukan hanya terjadi di mobil atau motor semata, helm pun kena recall. Ini contohnya.

Hal itu dilakukan oleh KBC America yang baru saja menarik 456 helm mereka. Helm itu pun bukanlah helm sebarangan karena ini adalah helm untuk pengguna Harley-Davidson yang mereka produksi pada Maret 2011.

Helm KBC Hybrid C/C Half Helmets itu ditarik KBC untuk menyesuaikan standar keamanan versi Federal Motor Vehicle Safety Standard (FMVSS) di Amerika.

Helm ini dianggap belum memenuhi syarat terkait kekuatannya. KBC seperti dilansir Autoevolution mengakui kalau helm ini mungkin tidak cukup terlindungi ketika tabrakan, sehingga meningkatkan kemungkinan cedera.

Namun, tidak semua ukuran helm yang ditarik. Sebab KBC America hanya menarik KBC Hybrid C/C Half Helmets ukuran L, XL dan XXL saja.

Meski begitu, Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengatakan kalau 'obat' untuk masalah ini belum ditemukan ketika helm-helm tadi sudah ditarik walau recall sudah menjadi sebuah kepastian.

(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment