Monday, May 27, 2013

Kontroversi Tes 'Rahasia' Pirelli-Mercedes

Kontroversi Tes Monako - Usai meraih kemenangan di GP Monako, kubu Mercedes dapat protes dari tim Red Bull dan Ferrari. Mercedes dituding telah melakukan tes ilegal bersama Pirelli.

Ujicoba yang dilakukan Mercedes bersama Pirelli itu disebutkan terjadi di awal Mei 2013 lalu, atau sebelum balapan di Katalunya yang merupakan awal dimulainya seri Eropa. Dikutip dari Crash, tes yang total menempuh jarak 1.000 km tersebut dilakukan di Circuit de Catalunya.

Kubu Pirelli membantah tudingan kalau tes yang mereka lakukan adalah ilegal. Dalam pernyataannya, pabrikan ban asaal Italia itu menyebut kalau mereka sudah meminta izin pada FIA untuk melakukan pengujian ban dengan menggunakan mobil yang dipakai membalap musim ini. Tes tersebut diminta Pirelli untuk dilakukan demi mencari solusi atas beberapa masalah yang terjadi pada ban mereka di awal musim ini.

Saat itu FIA memang memberi lampu hijau pada Pirelli untuk melakukan tes tersebut. Namun otoritas otomotif dunia itu memberi syarat, yakni agar semua tim diberikan kesempatan yang sama demi asas sportivitas dan keadilan.

Pada kelanjutannya, FIA ternyata tidak menerima laporan apapun atas hasil tes tersebut. FIA juga tidak tahu apakah tim lain sudah ditawari kesempatan yang sama oleh Pirelli untuk melakukan pengujian.

Kubu Red Bull baru mengetahui soal pengujian tersebut pada Jumat akhir pekan lalu, saat digelar pertemuan antara tim prinsipal jelang balapan di Monaco. Mereka pun lantas mengajukan protes, bersama tim Ferrari.

"Kami menghabiskan tiga jam membicarakan soal (rencana) ujicoba yang dilakukan di tengah musim untuk mencoba mencari solusi, dan diketahui kalau salah satu tim sudah melakukannya dalam jumlah sangat banyak. Itu luar biasa kalau tak seorang pun tahun kalau ada mobil dan pebalap yang berlaga di musim ini sudah melakukannya di lintasan Barcelona. Itu tidak diketahui sampai hari Jumat," seru bos Red Bull, Christian Horner.

Atas peristiwa ini bukan tak mungkin Mercedes akan dijatuhi sanksi oleh FIA. Namun apapun keputusan tersebut nantinya, kemenangan yang didapat Nico Rosberg di Monako dipastikan tidak akan dicabut.

(din/syu)

0 comments:

Post a Comment