Thursday, May 23, 2013

Valet Parking Gratis? Bohong!

Valet Parking Gratis? Bohong! Jakarta - Disejumlah restoran, hotel atau tempat perbelanjaan di Jakarta ada yang menawarkan jasa Valet Parking secara gratis. Lho kok bisa ya?

Salah satu petugas Valet Parking di salah satu restoran di kawasan elit Menteng, Jakarta Pusat Abdul Rozak menuturkan memang Valet Parking yang ditawarkannya ini gratis alias tidak mematok harga servisnya. Namun meski demikian konsumen tetap dibebankan tarifnya.

"Kalau gratis seperti ini biasanya sudah dibebankan ketika konsumen membayar makan. Disitu biasanya sudah termasuk bayar jasa Valet," ungkap Abdul Rozak saat berbincang dengan detikOto.

Selain itu, jika tempat parkir di restoran sudah penuh maka seluruh pengunjung yang datang diwajibkan untuk menggunakan jasa Valet Parking. Ini dilakukan untuk mempermudah konsumen.

"Konsumen cukup meninggalkan kunci dan kita periksa semua barang-barangnya kemudian dikasih karcis Valet dan mobilnya kita carikan tempat parkir yang aman," katanya.

Untuk masalah biaya tambahan atau tip lanjut Abdul Rozak semuanya tergantung dari konsumen. Tapi biasanya konsumen memberikan uang tambahan sebagai jasa Valet dan uang parkir.

"Sedikitnya Rp 5 ribu dan paling banyak saya pernah ada yang ngasih Rp 50 ribu bahkan ada juga yang tidak ngasih sama sekali. Semuanya tergantung dari kebijakan konsumennya itu sendiri," tutupnya.

Sementara itu lain halnya dengan yang Valet Parking yang ada di tempat perbelanjaan di kawasan Menteng Jakarta Pusat. Valet ini juga ditawarkan gratis tapi diwajibkan untuk konsumen memberikan uang lebih atau tip kepada petugas parkir.

"Kalau disini memang gratis tapi pemilik mobil wajib memberikan uang pengganti atau bisa juga disebut uang parkir," timpal petugas Valet Parking, Suparno kepada detikOto.

(ady/syu)

0 comments:

Post a Comment