Monday, July 29, 2013

Apa Mobil yang Paling Tidak Aman di Amerika Latin?

Apa Mobil yang Paling Tidak Aman di Amerika Latin? Jakarta - Harga murah kadang menggoda. Namun, urusan keamanan dan keselamatan kadang di abaikan. Empat mobil dari empat produsen besar dunia bahkan mendapat rating sangat rendah untuk urusan keamanan.

Lembaga yang mengetes mobil di Amerika Selatan, Latin NCAP, baru saja memberikan rating keamanan untuk mobil-mobil yang beredar di wilayah itu. Rating keamanan bintang lima jatuh pada Seat Leon, sebuah mobil yang menggambil basis dari Volkswagen Golf.

Tapi keamanan Seat Leon ini berbanding terbalik dengan beberapa mobil lain yang bahkan tidak sanggup meraih satu bintang pun dalam rating keamanan mobil.

"Kabar baiknya adalah bahwa dengan Seat Leon, Amerika Latin akhirnya memiliki mobil yang menyediakan konsumen tingkat perlindungan yang mereka harapkan dari sebuah mobil baru," kata Ketua ANCAP Lauchlan McIntosh.

Sebaliknya, Chevrolet, Nissan, Renault dan Suzuki harus gigit jari. Karena mobil-mobil mereka dianggap gagal memperlihatkan tingkat keamanan yang dibutuhkan konsumen, bahkan untuk tingkat keamanan minimal sekalipun.

Chevrolet Agile, Nissan Tsuru, Renault Clio Mio dan Suzuki Alto K10 bahkan tidak sanggup mendapat rating terendah, satu bintang, dalam uji tabrak sehingga berpotensi membuat pengemudi atau penumpangnya tewas atau cedera serius ketika terjadi kecelakaan.

Resiko mobil yang ketika dites tabrak gagal mendapat bintang adalah resiko yang dua kali lebih besar untuk tewas atau cedera serius bila dibanding mobil dengan rating lima bintang.

Rendahnya tingkat keamanan keempat mobil tersebut adalah buah dari tidak adanya aturan yang mewajibkan produsen mobil di Amerika Latin dan Karibia untuk menyediakan fitur keamanan demi keselamatan konsumennya.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment