Monday, July 29, 2013

Jika Mengantuk Saat Berkendara, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika Mengantuk Saat Berkendara, Apa yang Harus Dilakukan? Jakarta - Otolovers, jika Anda berkendara sepeda motor atau mobil merasa mengantuk jangan dipaksakan karena akan membahayakan diri Anda sendiri. Lalu apa yang harus dilakukan saat mengalami kantuk?

Pakar Tidur, dokter Andreas Prasadja menuturkan jika Anda merasa ngantuk saat berkendara mobil atau motor yang harus dilakukan yakni berhenti sejenak atau kalau bisa tidur sampai Anda merasa segar kembali.

"Selain tidur apakah minum kopi atau minum-minuman penambah energi itu boleh? Jawabannya boleh saja, tapi ada cara-caranya, jadi Anda jangan sembarangan, semua ada aturannya," tutur Andreas Dalam diskusi "Ngantuk Berkendara=Maut", di Aston Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2013).

Bagaimana caranya yang benar? Kalau mengantuk itu diusahakan minggir dulu dan berhenti di tempat yang aman setelah itu baru minum-minuman penambah energi atau kopi dan setelah itu baru Anda tidur sejenak.

"Caffein itu baru bekerja setelah 30 menit. Jadi setelah minum kopi seharunya Anda tidur dan setelah tidur minimal 20 menit baru Anda akan merasa segar kembali dan bisa melanjutkan perjalanan," bebernya.

Andreas menambahkan, ciri-ciri orang yang mengantuk akut itu seperti sering menguap, matanya sudah berair dan duduk di dalam mobil inginnya senderan.

"Kalau mengantuk sebenarnya Anda masih bisa berkendara, tapi pure insting, kalau ada kejadian apa-apa sudah pasti Anda tidak akan bisa menghindar dan terjadi kecelakaan," katanya lagi.
Dijelaskannya, yang paling baik itu jangan dibiasakan mengemudi di jam yang biasanya Anda biasa tidur.

"Jadi nanti mudik diusahakn tidur cukup minimal 6 jam dengan catatan Anda tidak memiliki hutang tidur atau di hari sebelumnya tidur Anda cukup minimal selama 6 jam," pungkasnya.

(ady/syu)

0 comments:

Post a Comment