Monday, July 29, 2013

Boleh Mudik Pakai Motor, Asal...

Boleh Mudik Pakai Motor, Asal... Jakarta - Kepolisian dan pemerintah menyarankan kepada masyarakat Indonesia agar saat mudik jangan menggunakan sepeda motor karena berbahaya.

Tapi populasi pengguna sepeda motor saat mudik itu masih banyak dan belum bisa dibendung dengan waktu yang cukup singkat. Perlu menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk mengalihkan pemudik yang menggunakan sepeda motor ke kendaraan lainnya.

Nah, bagi Otolovers yang memang terpaksa mudik menggunakan sepeda motor, Anda harus lebih memperhatikan beberapa aspek terutama keselamatan berkendara selama di perjalanan.

Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Irvan Prawira mengatakan kalau masih terpaksa mudik dengan motor ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.

"Kalau memang terpaksa menggunakan motor, Anda harus memperhitungkan segala sesuatunya agar tetap aman dan selamat di jalan. Sepeda motor itu di desain bukan untuk perjalanan jarak jauh," ungkap Irvan dalam diskusi "Ngantuk Berkendara=Maut", di Aston Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2013).

Perhitungan yang harus diperhatikan seperti, waktu Anda berangkat mudik hingga waktu istirahat. Misalnya berangkat di subuh perhitungan waktu istirahat atau perhitungan lainnya harus tepat sehingga Anda tidak merasa lelah.

"Hitunglah secara cermat, akurat dan tepat baik mental ataupun fisik jadi semuanya tetap berjalan dengan lancar. Kalau merasa lelah atau ngantuk sebaiknya cepat istirahat," pungkasnya.

(ady/syu)

0 comments:

Post a Comment