Monday, July 29, 2013

Sering Ngantuk Saat Nyetir? Kenali Jam Biologis Anda

Sering Ngantuk Saat Nyetir? Kenali Jam Biologis Anda Jakarta - Musuh terbesar saat berkendara mobil atau sepeda motor itu adalah rasa kantuk. Sekejap saja kita memejamkan mata saat berkendara, kecelakaan sudah di depan mata.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa Anda sering merasakan ngantuk berat saat berkendara. Selain kurang tidur adakah faktor dari makanan atau minuman?

Pakar Tidur, Dr Andreas Prasadja mengatakan selain kurang tidur tidak ada lagi faktor lainnya yang menyebabkan kantuk yang begitu dahsyat. Apalagi faktor makanan dan minuman, itu tidak ada.

"Kalau obat tidur sudah pasti, tapi kalau zat-zat atau makanan yang dapat menyebabkan kantuk saat berkendara itu tidak ada," kata Dr Andreas Dalam diskusi "Ngantuk Berkendara=Maut", di Aston Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2013) kemarin.

Nah, jika Anda memang sering merasakan kantuk yang luar biasa saat berkendara itu dinamakan Anda mengidap penyakit Hipersomnia atau masih merasa mengantuk walaupun sudah tidur cukup.

Lalu bagaimana jika memang sudah seperti itu, apa yang harus dilakukan agar tetap bisa mengemudi mobil atau membawa motor?

"Kenali jam biologis Anda. Sudah pasti Anda paham betul masalah jam biologis Anda setiap harinya," katanya lagi.

Yang dimaksud jam biologis lanjut Andreas, seperti jam berapa kita lapar, jam berapa kita mengantuk atau hal lainnya. Jika sudah mengetahui jam biologis masing-masing, jadi janganlah berkendara di saat-saat atau jam mengantuk Anda.

"Kalau memang penting harus berangkat ya putuskan untuk menggunakan kendaraan umum saja," tuntasnya.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment