Monday, July 29, 2013

Ini 3 Faktor Penyebab Kecelakaan di Jalan

Ini 3 Faktor Penyebab Kecelakaan di Jalan Jakarta - Kecelakaan kendaraan bermotor baik roda 4 atau roda 2 disebabkan oleh beberapa faktor. Tapi ada 3 faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Ketiga faktor penyebab itu yang pertama faktor manusia yang mencakup pengetahuan berkendara, teknik berkendara, kondisi fisik (lelah, ngantuk, tidak fit), kondisi emosi (macet beban tugas, kondisi lingkungan/polusi udara) dan etika berkendara.

Terkadang manusia sering mengganti sparepart dengan yang tidak sesuai peraturan seperti mengganti lampu rem dengan warna putih, tanpa helm, mengganti lampu utama dengan warna merah, melepas sparepart dan plat nomor hingga berboncengan melebihi kapasitas.

Kedua faktor lingkungan seperti kondisi jalan, kondisi cuaca dan rambu-rambu lalu lintas. Dan faktor ketiga yakni kendaraan yang mencakup perawatan yang kurang serta modifikasi yang tidak tepat.

"Gunakan sepeda motor sesuai dengan standar pabrikan, sekalinya memodifikasi juga harus tetap nyaman dijalankan jangan sampai mengganggu kenyamanan berkendara, apalagi kalau berkendara dengan jarak jauh harus mengutamakan keselamatan," beber Sekjen AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) Hari Sasono dalam diskusi "Ngantuk Berkendara=Maut", di Aston Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2013).

(ady/syu)

0 comments:

Post a Comment