Friday, January 24, 2014

Tesla Umumkan Harga Mobil Listriknya di China

Tesla Umumkan Harga Mobil Listriknya di ChinaBeijing - Kabar pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla akan merambah pasar otomotif China semakin santer terdengar. Setelah membangun fasilitas pengisian baterai listrik, kini Tesla mulai merilis harga jual mobil listriknya.

Mobil listrik yang sangat populer, Tesla Model S di China akan dijual dengan harga mulai 734.000 yuan atau sekitar US$ 121.300.

Sementara di Amerika mobil ini dijual seharga US$ 81.070. Hampir dua kali lipat harganya.

Apa yang menyebabkan harga mobil listrik teraman di dunia ini di China dijual jauh lebih mahal? Hal itu dikarenakan Model S tidak menerima subsidi dari pemerintah China sehingga pajaknya menjadi lebih besar.

Pemerintah China hanya memberikan subsidi pajak untuk mobil listrik yang berasal dari China atau yang dirakit secara utuh di China.

Seperti dilansir dari Reuters, pabrikan otomotif global sering kali dituduh media China menuai keuntungan yang tinggi dengan menjual mobil yang berharga lebih mahal di China.

Tuduhan ini kemudian ditindaklanjuti oleh investigasi oleh pemerintah China, bagaimana produsen-produsen ini menetapkan harga jual produknya di China.

Untuk penjualannya itu sendiri, Tesla akan memulainya pada bulan Juni 2014 mendatang dan nama Tesla di China berubah menjadi Tesila.

Sementara, Tesla hanya akan memiliki 1 diler di China yakni di kota Beijing. Tesla juga berencana untuk membuka diler kedua di Shanghai.


0 comments:

Post a Comment