Thursday, March 6, 2014

Mobil Bikinan Mahasiswa Nongol di Jenewa

Mobil Bikinan Mahasiswa Nongol di JenewaJakarta - Ajang Geneva Motor Show umumnya menampilkan mobil super berteknologi canggih ternyata ada 'slot' untuk mobil buatan mahasiswa. Mobil buatan mahasiswa tersebut bahkan bersebelahan dengan merek mobil yang sudah mapan seperti BMW, MINI dan Peugeot.

Adalah mobil bikian mahasiswa dari Helsinki Metropolia University of Applied Sciences yang telah bekerja sama dengan UPM-The Biofore Company yang menampilkan mobil konsep Biofore di pameran mobil termegah Geneva Motor Show 2014.

Perusahan Biofore memposisikan sebagai pembimbing para mahasiswa tersebut untuk menghasilkan mobil ramah lingkungan. Konsep yang diterapkan berbeda dari produsen mobil global. Mobil yang dihadirkan berbentuk city car dengan daya tampung 4 penumpang.

Perpedaan terletak di bagian dalam dan luar. UPM dan mahasiswa ini menghasilkan mobil dengan bemper depan, side skirt, dasbor dan panel interior yang terbuat dari bahan bio komposit yang merupakan bahan olahan yang cukup ringan.

Sementara bahan kayu tersemat di bagian lantai, doortrim dan konsol tengah. Dengan komposisi bahan tersebut berat mobil cuma 150 kg dibandingkan dengan bahan yang biasa digunakan pabrikan mobil.

Dapurpacunya menggunakan mesin 1.2 liter diesel yang bisa bekerja meski dengan bio diesel dilansir worldcarfans, Kamis (6/3/2014).

Vice President of Brand and Communications UPM Elisa Nilsson mengatakan dalam pengembangannya memiliki banyak perbedaan dari mobil yang ada saat ini, terutama dari segi material.

"Mobil konsep Biofore sangat potensial karena menggunakan bahan biomaterial. Tidak hanya untuk industri otomotif, tetapi juga untuk berbagai kegunaan lainnya termasuk desain, akustik dan perpanjangan berbagai aplikasi industri dan konsumen yang kemungkinannya tanpa batas," tutupnya.


0 comments:

Post a Comment