Wednesday, March 26, 2014

Mobil Murah dan 'Hijau' Chevrolet Kian Dekat

Mobil Murah dan Bangkok - Program mobil ramah lingkungan atau Eco-Car versi General Motors (GM) Chevrolet semakin mendekati kenyataan. Hal itu ditandai dengan dimasukannya proposal Eco Car tahap II pada akhir Maret nanti. Rencananya, proposal tersebut difasilitasi pemerintah Thailand.

Eco-Car ini mirip kebijakan Low Cost and Green Car di Indonesia. Setiap pabrikan yang masuk kategori ini, akan mendapatkan keringanan pajak selama 8 tahun. Harga mobil pun bisa dikurangi sampai sekitar Rp 22 jutaan.

"Ini kejutan buat kalian semua karena kami sudah menyerahkan aplikasi keikutsertaan kami dalam program Eco-Car tahap II. Hal ini sangat menyenangkan bagi kami karena membuat tujuan yang hendak kita capai semakin nyata,” kata Managing Director GM Thailand, Marcos Purty di sela-sela The 35th Bangkok International Motor Show, seperti dilaporkan reporter detikOto Ari Saputra dari Bangkok, Thailand.

Chevrolet saat ini belum memiliki mobil murah alias eco car. Mobil dengan mesin terkecil yang mereka miliki adalah Chevrolet Spark. Di generasi ketiga, Chevrolet Spark yang juga memiliki nama lain Chevrolet Beat memiliki mesin 3 silinder dengan kapasitas 1,0 liter. Namun General Motors Thailand tidak memastikan mobil ini adalah mobil yang akan digunakan untuk program Eco-Car.

Marcos Purty juga tidak menjelaskan lebih detil mobil Eco-Car versi Chevrolet. Dia hanya mengatakan saat ini yang dilakukan oleh General Motors Thailand adalah memasukkan aplikasi agar mereka bisa diikutsertakan dalam program yang sudah dijalankan oleh pemerintah Thailand sejak 2010.

"Kami rasa kami tidak terlambat dalam program ini. Apa yang terjadi ke depan dengan aplikasi yang sudah kita kirimkan kita lihat nanti saja. Saya hanya mengatakan ini tidak saja menguntungkan bagi kami tapi juga akan sangat menguntungkan bagi konsumen kami," ujarnya.

Sebelumnya, program Eco-Car tahap I diikuti oleh Mitsubishi dengan Mitsubishi Mirage, Suzuki dengan Suzuki Swift dan Honda dengan Honda Brio. Program tersebut berhasil membantu Thailand meraih angka penjualan 3 juta unit di tahun 2013. Sejak 2010 digelar, sebanyak 712.000 mobil Eco-Car sudah diproduksi dan setengahnya diekspor. Tahun lalu saja market share Eco-Car meningkat 27 persen dibandingkan pada 2010 yang hanya mencapai 5 persen.


0 comments:

Post a Comment