Tuesday, March 18, 2014

Sedang Pilek? Jangan Nyetir!

Sedang Pilek? Jangan Nyetir!London - Bagi anda yang tengah menderita pilek atau flu, berhati-hatilah dalam mengemudi. Sebab mengemudi ketika flu ternyata sama seperti mengemudi setelah menenggak empat gelas wiski.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Cardiff University Common Cold Centre terungkap kalau flu mampu mengurangi konsentrasi pengendara hingga 50 persen. Ini setara dengan meminum 4 gelas wiski.

Akibatnya, reaksi pengendara jadi menurun tajam dan pengereman mendadak jadi lebih sering. Pengendara yang menderita flu juga menjadi kurang mampu menilai jarak antara mobilnya dengan mobil lain atau dengan pinggir jalan.

Pengendara juga menjadi cepat lelah. Penderita flu biasanya juga memiliki gejala seperti mata bengkak dan berair yang ditakutkan akan mengganggu penglihatan dan memberi karakteristik seperti orang mabuk.

Terlebih, para pengendara yang menderita flu juga meminum obat flu yang biasanya mengandung kodein. Padahal, obat flu mampu mengurangi reaksi dan membuat penglihatan agak kabur. Al hasil, resiko flu dan efek obat flu ini pada akhirnya meningkatkan potensi kecelakaan.

Di sisi lain, penderita flu yang suka bersin-bersin juga memiliki potensi besar untuk kecelakaan. Karena setiap kali orang bersin biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 detik.

Hal ini tentu berbahaya, terlebih bila sedang berkendara di jalan bebas hambatan. Bila sedang melaju dengan kecepatan 100 km/jam maka kita sama saja berkendara 50-70 meter dengan mata tertutup.


0 comments:

Post a Comment