Thursday, April 10, 2014

Fitur i-ELOOP Bermasalah Lagi, Mazda Harus Recall 3 Jenis Mobil

Fitur i-ELOOP Bermasalah Lagi, Mazda Harus Recall 3 Jenis MobilTokyo - Fitur i-ELOOP yang ada di mobil Mazda bermasalah lagi. Mazda pun harus menarik 3 jenis mobil di seluruh dunia.

Produsen mobil Jepang itu sudah melaporkan hal ini ke Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang. Mazda akan menarik mobil-mobil seperti Atenza (atau sedan Mazda6), Axela (atau Mazda3) dan CX-5. Masalah i-ELOOP terjadi pada komputer pengontrol mesinnya.

Seperti kita ketahui, fitur ini menggunakan kapasitor untuk menangkap energi yang hilang selama mobil mengerem. Mazda pun mengklaimnya sebagai yang pertama di dunia. Biasanya untuk menangkap energi dari pengereman ini digunakan baterai.

Kapasitornya itu bisa terisi penuh menangkap energi kinetik dalam hitungan detik selama pengereman. Kapasitor juga melepaskan energi lebih cepat dibanding baterai konvensional. Keuntungan lainnya, menutur Mazda, kapasitor lebih tahan.



Kapasitor atau sistem i-ElOOP ini akan menyimpan energi yang dihasilkan saat mobil direm. Nantinya energi tersebut akan membantu untuk mengoperasikan AC, audio dan perangkat lainnya di dalam kabin.

Nah masalahnya adalah program i-ELOOP-nya, meski kapasitor normal namun sistem akan mengindikasikan akan ketidaknormalan dalam sistem. Akhirnya sistem akan menghambat daya ke pedal gas dan lampu indikator pun akan menyala.


0 comments:

Post a Comment