Thursday, April 10, 2014

GM Didenda Rp 79 Juta per Hari

GM Didenda Rp 79 Juta per HariDetroit - Raksasa otomotif Amerika Serikat, General Motors (GM) kini tengah disorot setelah melakukan penarikan kembali (recall) 2,6 juta mobil akibat masalah di saklar. Pemerintah pun bertanya pada GM terkait detail kenapa masalah ini terjadi.

Nah, karena pertanyaan pemerintah mendetail, denda US$ 7.000 atau sekitar Rp 79,2 juta per hari pun diberikan bila GM tidak juga menjawab pertanyaan pemerintah ini.

Dalam surat yang dilayangkan pemerintah diwakili oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), ada 107 pertanyaan yang harus dijawab GM sebagai bagian dari investigasi yang tengah pemerintah AS lakukan terkait recall GM ini.

Salah satu pertanyaan adalah kenapa GM tidak segera melakukan recall sejak pertama kali mereka mengetahui masalah lebih dari 10 tahun lalu.

Penarikan itu terpaksa dilakukan karena adanya masalah di stop-kontak pada mobil produksi GM yang membuat mesin tiba-tiba mati hingga kantung udara yang tidak berfungsi, masalah powersteering hingga rem.

Penarikan kendaraan termasuk Chevrolet Cobalt, Chevrolet HHR, Saturnus Ion, Saturn Sky dan Pontiac Solstice serta Pontiac G5 yang dibuat antara 2003-2011. Sedikitnya ada 12-13 kematian terjadi karena masalah ini.

Masalah terjadi ketika model-model yang ditarik mengusung desain baru 1 dekade lalu namun tidak mengubah beberapa bagian yang menyebabkan terjadinya masalah.


0 comments:

Post a Comment