Tuesday, May 20, 2014

Yamaha: Baby M1 Digarap Orang Indonesia

Yamaha: Baby M1 Digarap Orang IndonesiaJakarta - Produsen motor Yamaha baru saja menggebrak pasar motor nasional dengan memperkenalkan YZF-R25. Motor full-fairing bermesin 250 cc yang dijual dengan harga Rp 53 juta ini ternyata pengembangannya banyak melibatkan orang Indonesia.

Indonesia memang merupakan pasar yang sangat seksi untuk Yamaha. Pada annual report mereka untuk tahun 2013 total ada 6,01 juta motor yang terjual di 180 negara dengan nilai 928,2 miliar yen atau sekitar Rp 101,89 triliun. Penjualan Yamaha ini banyak disokong oleh penjualan negara berkembang seperti negara-negara ASEAN dan India.

Dan bila ditilik lebih dalam, maka Indonesia akan tampil di depan sebagai penyumbang penjualan terbesar Yamaha. Dari 7,74 juta motor yang terjual di Indonesia pada tahun lalu Yamaha menyumbang 2,49 juta unit di antaranya.

Nah, di tahun 2014 ini, Yamaha memperkirakan bakal ada 7,8 juta motor yang terjual di Indonesia dan Yamaha ingin menjual 2,6 juta unit diantaranya.

Karena itu tidak heran bila Yamaha memberi keistimewaan Indonesia untuk menjadi tempat lahir pertama R25 di dunia. Selain itu, Indonesia akan menjadi basis produksi model ini untuk kemudian di sebar ke berbagai negara lain di seluruh dunia.

"Untuk R25, insinyur Indonesia banyak terlibat di pengembangannya," kata GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia Eko Prabowo di Danau Toba, Sumatera Utara.

Hasilnya, 'Baby M1' lahir dengan desain supersport lengkap dengan predator headlight dan sporty air duct di tengahnya serta bagian belakang yang meruncing dengan lampu tipe LED.

Balutan fairing multi layer di kanan dan kiri yang merupakan ciri khas R-Series, serta dilengkapi pelek aluminum dengan ban tapak lebar juga hadir yang pada akhirnya membuat Yamaha menyebut motor ini sebagai superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari.

Dan yang paling tidak disangka adalah harganya. Motor yang akan menjadi lawan bagi Honda CBR250R dan Kawasaki Ninja 250 ini ternyata memiliki power hingga 26.5 kW atau 36 PS. Angka ini merupakan angka tertinggi di kelasnya. Di atas kertas power R25 lebih tinggi dibanding CBR250R dan Ninja 250.

Kekuatan itu bersumber dari mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya.

0 comments:

Post a Comment