Tuesday, July 1, 2014

Ford Uji Coba Teknologi Pengenal Wajah di Mobil

Ford Uji Coba Teknologi Pengenal Wajah di MobilDetroit - Seiring makin terkoneksinya kendaraan dengan internet atau telepon genggam, maka bukan hal yang mustahil lagi jika mobil bisa menjalankan sistem pengenalan wajah pengendaranya. Ini lah salah satu inovasi baru dalam dunia otomotif.

Masih jarang produsen mobil memanfaatkan sistem yang cukup kompleks itu. Tapi teknologi ini sepertinya akan banyak ditemui di mobil Ford di masa mendatang.

Ford tengah mengembangkan teknologi masa depan itu. Cukup unik, sebab dengan teknologi ini maka mobil bisa terbebas dari pencuri atau bahkan dikendarai oleh anak di bawah umur. Teknologi ini dijuluki Mobii atau Mobile Interior Imaging.

Di situs resmi Ford, Rabu (2/6/2014) menggandeng Intel untuk mewujudkan sistem pengenal wajah. Teknologi itu memungkinkan pemilik mobil mengawasi mobilnya melalui smartphone dari jarak jauh.

Pada sistem ini, akan tersedia kamera di interior mobil yang mampu mengenal wajah calon pengemudi. Kamera on board ini akan mengidentifikasi wajah pengemudi saat memasuki mobil.

Selanjutnya sistem akan mengirim wajah pengemudi ke telepon genggam pemilik mobil. Nantinya si pemilik mobil bisa memberi izin atau tidak kepada pengemudi itu untuk mengendarai mobil.

Jika wajah pengemudi tidak dikenal atau anak di bawah umur, maka pemilik utama mobil berhak tidak mengizinkan mesin mobil bisa dinyalakan.

Kini Mobii masih dalam tahap prototipe dan terus dikembangkan. Belum tahu kapan teknologi ini mulai terpasang pada mobil-mobil Ford.

"Tujuan kami dengan penelitian Mobii adalah untuk mengeksplorasi bagaimana pengendara berinteraksi dengan teknologi di dalam mobil dan bagaimana kami bisa membuat interaksi itu lebih intuitif dan prediktif," ujar Kepala Teknologi Ford Paul Mascarenas.

"Penggunaan interior imaging masih diteliti saat ini, namun akan memberikan wawasan yang akan membantu kita untuk jangka panjang," ujarnya.

0 comments:

Post a Comment