Wednesday, September 17, 2014

Pemerintah Desak Produsen Mobil Bangun Pabrik di Luar Jawa

Pemerintah Desak Produsen Mobil Bangun Pabrik di Luar JawaJakarta - Saat ini, pabrik-pabrik mobil hanya terpusat di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Untuk pemerataan pabrik seharusnya juga dibangun di luar Jakarta bahkan luar Jawa.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, dalam 10 sampai 15 tahun ke depan, produksi mobil di Indonesia diproyeksikan bakal mencapai 5 juta unit per tahun.

"Kapasitas di Indonesia akan menjadi 5 juta dalam 10 sampai 15 tahun yang akan datang," kata Lutfi saat membuka pameran Indonesia International Motor Show di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Lutfi mengatakan, untuk kapasitas produksi yang sekarang yang baru mencapai 1-2 juta unit, mobil boleh dibuat di kawasan Jakarta. Tapi jika kapasitas sudah lebih dari 2 juta, harus dibuat di luar Jakarta dengan pabrik yang baru.

"Satu setengah juta maksimal 2 juta bisa dibangun di Jakarta. Di luar itu harus dibangun di luar Jakarta," katanya.

Beberapa wilayah yang bisa dipilih untuk pembangunan pabrik baru adalah Semarang, Pasuruan, dan Banyuwangi.

Kemudian setelah produksi mobil melebihi 3 juta, pabrikan tidak boleh membangun pabrik di Pulau Jawa. Mereka harus membangun pabrik di luar Jawa. "Pilihannya di Balikpapan, Sulawesi Selatan adalah sebagai basis dari industri metal ke depan," ujarnya.

Lutfi pun meminta secara khusus pada Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Kemenperin Budi Darmadi dan Ketua Gaikindo Sudirman MR untuk tidak melupakan industri kecil dan menengah karena akan menjadi penopang industi otomotif yang penting.

"Ingatkan partner kita, apakah dengan berbahasa Jepang, Inggris, Jerman atau bahasa bangsa lainnya, industri otomotif, second tier (lapis kedua), third tier (lapis ketiga), adalah untuk membangun Industri Kecil dan Menengah kita agar lebih maju," ujarnya.

Keterangan Foto: Mobil Ini Dibangun dengan bantuan IKM

0 comments:

Post a Comment