Monday, October 27, 2014

Jawa Timur Jadi Surganya Motor

Jawa Timur Jadi Surganya MotorJakarta - Wilayah mana di Indonesia yang saat ini angka penjualan motornya lagi hot? Ujung timur Jawa jawabannya. Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mencatat kawasan Jawa Timur merupakan surga buat penjualan motor.

"Penjualan motor terbaik itu ada di wilayah Jawa Timur, bahkan selama 5 tahun terakhir Jawa Timur masih menjadi pasar terbaik roda dua," kata Ketua Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Bidang Komersial, Sigit Kumala kepada detikOto, di Jakarta.

Sebelumnya Sigit menuturkan sebanyak 5.790.096 unit sepeda motor telah terjual pada Januari-September 2013, sedangkan pada Januari-September 2014 tercatat sebanyak 6.046.344 unit sepeda motor yang terjual.

Sigit menjelaskan ada 10 wilayah yang memiliki penjualan motor terbaik, dan menjadi wilayah yang paling berkontribusi terhadap market nasional pada Januari-September 2014.

"Pertama pada wilayah Jawa Timur mencapai 17,1 persen, selanjutnya wilayah Jawa Barat 16,7 persen, DKI Jaya mencapai 14,2 persen, selanjutnya Jawa Tengah 10,7 persen, dan posisi kelima ada Sumatera Utara 5,7 persen," kata Sigit.

Sigit juga menambahkan di posisi ke-6 wilayah yang paling bagus untuk roda dua, ada di wilayah Sumatera Barat 4,2 persen, Yogyakarta 4,1 persen, Bali 4,1 persen, Sulawesi Selatan 3,9 persen dam Kalimantan Timur 3,6 persen.

"Tapi Jawa Timur harus lebih berhati-hati meski penjualan terbanyak ada d isana, wilayah Jawa Timur pernah mengalami penurunan penjualan pada 2011 dengan menempati posisi ke-3. Itu dikarenakan adanya kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), kenaikannya cukup tinggi sehingga Jawa Timur mengalami penurunan," katanya.


0 comments:

Post a Comment