Wednesday, January 7, 2015

Pertama dalam 37 Tahun, Reli Dakar Diikuti Mobil Listrik

Pertama dalam 37 Tahun, Reli Dakar Diikuti Mobil ListrikJakarta - Reli paling ganas di dunia, Dakar, yang digelar tahun ini mencatatkan sejarah baru, karena diikuti oleh mobil bertenaga listrik murni. Acciona, mobil listrik asal Spanyol menjadi mobil listrik pertama di dunia yang ikut dalam reli itu dan sekaligus berhasil menyelesaikan etape pertama.

Acciona yang berhasil menyelesaikan putaran pertama dari Buenos Aires menuju Villa Carlos Paz sejauh 700 kilometer lebih.

"Ini merupakan tonggak sejarah baru bagi Reli Dakar, karena setelah 37 edisi sebelumnya (37 tahun) diikuti oleh mobil berbahan bakar fosil, kini pertamakalinya diikuti mobil non emisi (listrik)," tulis Acciona dalam pernyataan resmi di situsnya.

Sementara itu Acciona, pabrikan mobil listrik asal Spanyol yang memproduksi mobil bertenaga setrum itu mengatakan, pengemudi Acciona Albert Bosch dan co-driver Agustin Paya, siap menghadapi tatangan berat di reli tersebut.

Reli ini akan menempuh jarak lebih dari 9.000 kilometer dari 4-17 Januari di Argentina, Bolivia dan Chili. Keganasan medan reli yang melegenda itu kerap mematikan para pereli.

Tujuan Acciona mengikut sertakan mobil besutannya di ajang reli itu, untuk membuktikan keandalan mobil listrik kepada dunia. Memang, selama perjalanan die tape pertama reli tersebut, Acciona tak mengalami masalah sedikit pun.

Mobil ini menggunakan empat baterai ion lithium. Baterai tersebut berkapasitas total 140 kWh. Motor listriknya menggunakan synchronous electric engine yang setara dengan 300 CV namun dengan bobot cuma 80 kg. Bandingkan dengan mobil bermesin konvensional lainnya yang mengikuti reli dengan bobot 280 Kg.

Mobil juga menggunakan panel surya, untuk memastikan pasokan tenaga murni 100 persen untuk memberikan tenaga pada sistem power telemetry dan security systems pada Acciona.




(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment