Wednesday, January 7, 2015

BMW Pamerkan Teknologi Pengisian Baterai Mobil Listrik Nirkabel

BMW Pamerkan Teknologi Pengisian Baterai Mobil Listrik NirkabelLas Vegas - Pabrikan otomotif asal Jerman, BMW mulai memperkenalkan teknologi wireless charging untuk mobil sport hybrid i8 di Consumer Electronics Show di Las Vegas yang berlangsung pekan ini. Hal itu dikabarkan tidak akan merepotkan pemiliknya untuk mengisi baterai mobil.

Teknologi ini menggunakan medan magnet antara bantalan dasar di lantai garasi atau jalanan dengan kumparan di bagian bawah mobil untuk mengirimkan listrik.

Pabrikan yang bermarkas di Munich, Jerman ini mengklaim, pengisian induktif ini menawarkan kenyamanan untuk pemilik mobil listrik maupun mobil plug in hybrid. BMW dan pemilik Mercedes-Benz, Daimler AG sepakat untuk bekerja sama dalam pengisian nirkabel sejak Juli lalu.

Di bawah tekanan pemerintah untuk mengikuti peraturan emisi, kedua pabrikan mobil telah berjanji untuk memperluas jangkauan kendaraan listrik mereka. Mercedes-Benz telah menawarkan B-Class versi elektrik dan model S-Class versi plug in hybrid.

Kini, prototipe milik BMW hanya memakan waktu dua jam untuk mengisi baterai i8 untuk menjangkau jarak 37 km. Hal itu menunjukkan angka yang tidak jauh berbeda dengan menggunakan kabel charger biasa.

BMW juga menyiapkan fasilitas pengisian baterai dengan menggunakan tenaga surya. Pengisian baterai bertenaga surya ini ukurannya sama seperti garasi biasa dan sanggup menghasilkan tenaga yang cukup membawa mobil listrik melaju sampai 32.000 km.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment