Tuesday, February 3, 2015

Mitsubishi Batal Ambil Sedan dari Nissan

Mitsubishi Batal Ambil Sedan dari NissanWashington - Rencana Mitsubishi Motors untuk memproduksi sedan medium bersama Renault-Nissan dipastikan kandas. Melemahnya nilai tukar yen terhadap won dan dolar menjadi penyebab buyarnya rencana yang ditetapkan pada November 2013 lalu itu.

Seperti dilansir Automotivenews Eropa, salah seorang eksekutif Mitsubishi mengatakan proses studi kelayakan pembuatan mobil itu di akhiri setelah gagal menghasilkan jalan keluar yang saling menguntungkan. Tadinya Mitsubishi ingin mengambil sedan buatan Nissan yang diproduksi di Busan Korea, namun fluktuasi nilai tukar jadi membuat rencana itu berantakan.

“Penguatan Won (Korea) terhadap dolar (AS) dan Yen, akan membuat harga mobil itu sanghat mahal (karena proses produksi juga mahal),” paparnya.

Sedianya, sedan itu bakal dijadikan salah satu line-up Mitsubishi di Amerika Serikat, karena pabrikan itu tak memiliki jagoan sedan medium setelah produksi Mitsubishi Galant dihentikan.

Sementara, untuk memanfaatkan pabrik Nissan di Amerika, juga tak mungkin. Soalnya, kapasitas pabrik telah terpakai menyusul tingkat produksi yang tinggi akibat derasnya ekspor model Nissan.

Sedangkan untuk memanfaatkan pabrik Mitsubishi yang berada di Normal, Illinois, Amerika, juga kecil kemungkinannya.

Sebab, pabrikan itu harus merombak perlengkapan dan peralatan pabrik, sementara tingkat penjualan sedan belum tentu mampu menutup investasi baru tersebut.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment