Tuesday, February 3, 2015

Tesla Pasang Ratusan Robot di Pabrik Mobilnya

Tesla Pasang Ratusan Robot di Pabrik MobilnyaCalifornia - Tesla Motors, produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) ini sudah siap memproduksi lebih banyak lagi mobilnya. Buktinya, pabrikan yang dipimpin oleh Elon Musk itu sudah memesan ratusan robot untuk mengerjakan produksi mobil di pabriknya.

Seperti diberitakan Autoevolution, Rabu (4/2/2015), Tesla Motors sudah meminta supplier asal Jerman, Durr AG untuk memasang 174 robot di pabrik Fremont, California. Robot penyemprot cat Durr EcoBell3 ini sudah mulai dipesan oleh Tesla.

Menurut Durr AG, tidak kurang dari 100 robot cat semprot akan dipasang di pabrik Tesla Fremont. Tapi, ada beberapa perbedaan antara robot Durr yang diperlukan untuk pewarnaan detail.

Pemasok sistem dan servis global yang berbasis di Stuttgart ini menyediakan beberapa jenis robot yang dipesan oleh Tesla. Robot-robot itu adalah EcoBell3 Ci (spesialis penyemprotan cat melalui air pada plastik kabin), EcoBell3 E (spesialis pemasangan bodi) dan EcoBell3 with direct charge (untuk cat mobil berbasis pelarut) and EcoLCC2 (versi khusus untuk menentukan warna).

Sayangnya, Tesla masih bungkam terkait pemesanan robot berteknologi canggih ini. Namun, selain menyediakan 100 robot pengecatan, Durr AG akan memasok 48 robot handling dan 26 robot sealing. Ke-174 robot itu akan dipasang di pabrik Fremont dalam tiga tahap.

Menurut Durr, tenaga kerja robotik ini akan membuat pabrik Fremont siap melayani 500.000 mobil per tahun untuk diwarnai.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment