Friday, March 27, 2015

Diminta Ekspor Tiga Kali Lipat, Toyota Terus Memacunya

Diminta Ekspor Tiga Kali Lipat, Toyota Terus MemacunyaJakarta - Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sempat bertemu dengan CEO Toyota Motor Corporation Akio Toyoda. Toyoda pun menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan ekspornya dari Indonesia sebanyak tiga kali lipat kepada Jokowi.

"Saya minta Indonesia dijadikan sebagai produk service khusus untuk ekspor. Tadi disanggupi untuk ekspornya ditingkatkan tiga kali dari yang sekarang. Tiga kali lipat, bukan 30 persen! Tiga kali lipat, baik komponen maupun yang mobilnya," kata Jokowi.

Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM), Suparno Djasmin mengatakan, Toyota Indonesia selalu berusaha meningkatkan jumlah ekspor dari tahun ke tahun. Makanya, Toyota Indonesia terus memacu kegiatan ekspor tersebut.

"Toyota Indonesia tentu kita berusaha meningkatkan ekspor kita dari tahun ke tahun. Seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, Pak Presiden menyampaikan ekspor ditambah tiga kali lipat. Tentu kita dari waktu ke waktu akan memacu itu. Meningkatkan jumlah ekspor kita dan juga semakin meningkatkan surplus antara ekspor kita dengan impor kita," kata pria yang akrab disapa Abong di acara peluncuran All New Alphard dan Vellfire, di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Untuk model apa saja yang akan dipacu untuk diekspor lebih banyak, Abong tidak bisa menjelaskannya. Namun, ia memastikan unit yang diekspor bukan hanya produk mobil utuh tapi juga dalam bentuk terurai dan ekspor suku cadang.

"Nantinya akan dilihat, melihat kepada produk yang memang bisa kita lakukan ekspor dari Indonesia. Karena ekspor kita bukan hanya produk tapi dalam bentuk CKD dan part. Jadi dalam perkembangannya ya nanti kita lihat lebih lanjut kayak gimana," ujar Abong.


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment