Friday, March 27, 2015

Walah, Jiplakan VW Beetle Muncul di Tiongkok

Walah, Jiplakan VW Beetle Muncul di TiongkokShandong - Setelah beberapa waktu lalu dua pabrikan dikabarkan menjiplak SUV Range Rover Evoque dan Kia Picanto, kini pabrikan lain menampilkan konsep VW Beetle di sebuah pameran mobil. Bedanya, Beetle ala Tiongkok itu menggunakan sumber ternaga listrik.

Seperti dilaporkan FoxNews dan China Car News, pabrikan VIDOEV itu memamaerkan VW Beetle kloningan itu di ajang Shandong Electric Vehicle, di Shandong, Tiongkok. Pameran mobil listrik? Ya, karena mobil yang masih menggunakan nama kode VIDOEV itu memang mobil bersumber tenaga dari setrum.

Hampir semua bagian mirip dengan hatchback Beetle. Mulai dari atap, bodi samping, belakang, fender, hingga lampu utama. Bahkan bagian dalam, khususnya dashboard juga mirip.

Namun, mobil ini dirancang sebagai mobil dengan kecepatan rendah. Motor listriknya disebut hanya mampu menyemburkan tenaga sebesar 28 hp dan baterainya menggunakan berteknologi rendah dengan bahan asam.

Mobil dengan panjang 4,3 meter dan lebar 1,7 meter itu memang belum dibanderol karena masih berwujud prototipe. Namun seorang staf yang berada di booth dimana mobil itu berada menyebut, kemungkinan dihargai 100.000 yuan atau sekitar Rp 208 juta.

Harga itu memang jauh lebih murah dibanding dengan banderol VW Beetle asli yang mencapai US$ 26.000 atau sekitar Rp 338 juta. Kabarnya, mobil mulai diproduksi tahun depan.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment