Friday, March 27, 2015

Pastikan Kualitas BBM Mobil F1, Shell Dirikan Laboratorium di Sepang

Pastikan Kualitas BBM Mobil F1, Shell Dirikan Laboratorium di SepangJakarta - Shell mendirikan laboratorium di Sirkuit Sepang, Malaysia, untuk memantau bahan bakar tim F1 Ferarri yang akan berlomba Minggu (29/3/2015) besok. Laboratorium ini juga digunakan untuk memantau pelumas tim F1 Ferrari.

Laboratorium bernama 'Shell Trackside Laboratory' dibangun di samping paddock F1 Ferrari di sirkuit Sepang. Hanya ada tiga orang yang bekerja di laboratorium yang berukuran tak terlalu besar ini.

"Di dalam laboratorium ada dua orang yang bekerja, sedangkan satu orang lagi bekerja mengumpulkan sampel," kata Shell Technology Manager for Ferrari Guy Lovett di Sirkuit Sepang.

 Di laboratorium itu pula terdapat alat analisis untuk bensin dan pelumas. Beberapa sampel bensin dan oli yang sudah dimasukan ke dalam wadah kaleng dan kaca juga terlihat. Saat detikOto melongok tempat itu, seorang teknisi dari Shell terlihat sedang memantau bahan bakar hasil latihan F1 Ferrari yang berlangsung kemarin.

"Peraturan F1 soal bahan bakar sangat ketat karena itu kita terus melakukan pemantauan," tutur Guy.

Dia menyebut panitia lomba bisa melakukan pengambilan sampel secara acak untuk mengetes bahan bakar yang digunakan mobil F1. Pengambilan sampel ini bisa dilakukan kapan saja baik setelah lomba atau sebelum lomba.

Laboratorium ini beroperasi mulai Rabu hingga Minggu di setiap sesi balapan mingguan. Hari pertama dilakukan penyiapan dan memastikan keakuratan semua peralatan yang digunakan untuk mengecek bahan bakar dan pelumas. Hari berikutnya dimanfaatkan untuk menentukan terpenuhinya spesifikasi bahan bakar dan pelumas walaupun pada hari itu kendaraan balap tidak turun ke lintasan.


(nal/arf)

0 comments:

Post a Comment