Friday, March 27, 2015

Truk Unik Buatan Chevrolet Ini Pakai Turbin Gas Pesawat

Truk Unik Buatan Chevrolet Ini Pakai Turbin Gas PesawatJakarta - Anak perusahaan General Motors, Chevrolet, pernah mencatatkan sejarah di segmen truk bermesin unik. Chevrolet Turbo Titan III yang dibuat pada 1966, itu terinpirasi oleh pesawat terbang, baik pada mesin maupun bagian interiornya.

Seperti diwartakan Autoevolution, tenaga yang dihasilkan oleh mesin turbin gas itu mencapai 280 hp pada putaran mesin 3.500 rpm. Maklum, pada saat membuatnya, Chevrolet memang berobsesi membuat sesuatu yang unik dengan inspirasi dari pesawat terbang.

Dengan inpirasi itu, Chevrolet mencomot mesin salah satu model besutannya, yakni GT -308 kemudian diutak-atik ditambahi turbin gas dan dipasang di truk tersebut. Jadilah mesin truk Turbo Titan III.

Keunikan lainnya yang dibuat Cehrolet adalah, menggunakan setir yang mirip setir pesawat. Proses pengembangan truk ini melibatkan sejumlah insinyur GM dan membutuhkan waktu yang tak singkat, 10 tahun.

Chevrolet pun memaerkannya di sebuah ajang pameran mobil di Amerika. "Intinya adalah, apa pun jenis truk Chevrolet ini bukanlah disiapkan khusus untuk dijual, hingga (wujud dan kemampuannya) benar-benar tepat," bunyi pernyataan Chevrolet dalam brosur resminya yang beredar di rena pameran kala itu.

Hanya, karena pertimbangan bahwa biaya yang dibutuhkan cukup besar untuk memproduksinya, dan aturan pemerintah tak memperbolehkan, akhirnya model itu urung diproduksi


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment