Wednesday, March 11, 2015

Lamborghini Listrik ala Tiongkok Ini Dibanderol Hanya Rp 105 Juta

Lamborghini Listrik ala Tiongkok Ini Dibanderol Hanya Rp 105 JutaBeijing - Ingin tahu supercar listrik lokal yang tengah digandrungi di Tiongkok? Lishededidong. Tak seperti umumnya mobil listrik yang berharga selangit, mobil bertampang Lamborghini itu dibanderol hanya 50.000 yuan atau sekitar Rp 105 juta.

Seperti dilansir Car News China, Rabu (11/3/2015), sekilas tampilan mobil itu khas dengan tampilan Lamborghini. Lampu utama sipit bersudut lancip dan lampu kabut dengan yang tajam, serta fender melandai tajam ke depan, serta grill yang khas Lamborghini.

Namun, jika diamati secara cermat tampilan Lishededidong itu mirip dengan desain tiga varian Lamborghini sekaligus. Mereka adalah, Aventador, Gallardo, dan terutama Asterion.

Tapi, jangan buru-buru memvonis ini sebuah penjiplakan. Soalnya, mobil asli Tiongkok itu telah dibuat sejak 2013 lalu. Sedangkan Lamborghini Asterion baru diluncurkan September tahun lalu.

Mobil listrik perkotaan itu dibuat oleh Lishededidong New Energy Vehicle Industry yang berbasis di kota Yangzhou, Provinsi Jiangsu. Perusahaan ini membuat berbagai mobil mini dan ukuran kecil bersumber tenaga listrik.

Memang, produk-produk yang dihasilkan seperti mencontoh desain model-model mobil yang terkenal di dunia. Namun, kebanyakan didesain dengan konsep milik perusahaan.

Pengembangan Lishidedidong selesai pada akhira 2013 dan mulai dijajakan pada 2014. Mobil yang berkonfigurasi tempat duduk 2+2 itu interiornya khas mobil sport, dashboard hitam dengan jok berbalut kelir merah.

Memang, soal tenaga jangan berharap seperti Lamborghini asli. Dengan sumber tenaga yang berasal dari sebuah motor listrik 72V dan baterai 42V/10 Ah.tenagnya hanya 10 hp dan torsi 5 Nm. Jika baterai terisi penuh, mobil mampu menjangkau jarak 150 kilometer (km) dan mampu melesat hingga 80 km/jam.

Mobil ini memiliki tinggi 3.880 milimeter (mm), lebar 1.650 mm, dan tinggi 1.450 mm. Dengan berat kosong 1.200 kilogram (kg), mobil ini mampu mengangkut beban seberat 400 kg.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment