Wednesday, March 11, 2015

Panduan Bagi Orangtua untuk Mengajari Anaknya Mengemudi

Panduan Bagi Orangtua untuk Mengajari Anaknya MengemudiJakarta - Mendapatkan SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah salah satu ritual yang menandakan bahwa seseorang telah beranjak dewasa dan sudah siap untuk mengemudikan mobil sendiri. Bagaimana para orangtua menangani hal tersebut pada anak-anaknya?

Secara umum, biarkan para profesional yang mengajari anak Anda cara mengemudi dengan baik, sebab biasanya para remaja akan langsung ketakutan bila sekali saja melakukan kesalahan di hadapan orangtuanya.

Sementara itu, tugas para orangtua adalah mengatur kapan, seberapa sering, dan untuk tujuan apa mereka dapat menggunakan mobil. Anda harus menentukan hal tersebut tergantung dari kebutuhan anak Anda dalam menggunakan mobil. Jika Anda memiliki sopir pribadi, berarti anak Anda sangat jarang untuk mengemudikan mobil sendiri.

Namun, Anda juga bisa mulai mengajarkan tanggung jawab mengemudi kepada anak Anda. Sesekali, berikanlah kesempatan bagi anak Anda untuk membawa kendaraan, tentu dengan didampingi Anda.

Misalnya, ajaklah anak Anda untuk pergi ke pusat perbelanjaan, dan jika jalanan yang Anda lewati cukup sepi, biarkan anak Anda yang mengemudikannya. Ketika sampai di pusat perbelanjaan, Anda bisa membimbingnya untuk memarkirkan kendaraan tanpa harus terburu-buru. Dengan demikian, Anda sudah mulai menanamkan rasa tanggung jawab bagi anak Anda terhadap mobil yang dikendarainya.

Selain itu, Anda juga harus mengajarkan mengenai keselamatan dalam berkendara serta bahaya-bahaya yang mungkin dihadapi ketika mengemudi. Buatlah peraturan berikut ini dengan anak Anda agar mereka secara perlahan mulai mengerti arti keselamatan dalam mengemudi:

- Jangan perbolehkan anak Anda berkendara ditemani remaja lainnya hingga anak Anda benar-benar mahir dalam berkendara. Kehadiran remaja lain di dalam mobil akan menambahkan risiko mengalami kecelakaan. Semakin banyak remaja di dalam mobil, risikonya juga semakin besar. Selain itu, jangan biarkan juga anak Anda mengemudikan mobil sendiri. Harus selalu ada orang dewasa yang mendampingi hingga anak Anda benar-benar mahir mengemudi.


0 comments:

Post a Comment