Tuesday, March 24, 2015

Menperin: Masak Industri Mobil Indonesia Kalah Sama Thailand

Menperin: Masak Industri Mobil Indonesia Kalah Sama ThailandBekasi - Persaingan penjualan produk otomotif di wilayah ASEAN didominasi oleh Indonesia dan Thailand. Hingga saat ini, kedua negara menjadi 'raja' penjualan di kawasan ASEAN.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir - kecuali di 2014 - Thailand lebih unggul. Padahal, dengan penduduk Thailand yang lebih sedikit daripada Indonesia, penjualan mobil di Indonseia seharusnya bisa melampaui Thailand.

Melihat fakta itu, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Saleh Husin berharap industri otomotif yang ada di Indonesia meningkatkan investasinya dan bisa meraih penjualan lebih banyak lagi.

"Ketika saya mendampingi Bapak Wakil Presiden di Tokyo saya bertemu Chairman Mitsubishi Corp, Mr. Kojima. Di situ saya mengatakan, masak kita yang penduduknya 240 juta dengan 70 sampai 80 jutanya kelas menengah, kalah sama Thailand yang jumlah penduduknya hanya 67 juta," tutur Saleh saat ditemui di acara Groundbreaking Ceremony pabrik baru Mitsubishi Motors di Cikarang, Jawa Barat, kemarin.

Memang, merujuk data Asean Automotive Federation, penjualan mobil di Thailand mengungguli Indonesia. Pada t2013 lalu misalnya, Thailand menjual sebanyak 1.330.672 unit, sedangkan Indonesia di tahun yang sama hanya menjual 1.229.901 unit.

Tahun berikutnya, Indonesia mengungguli penjualan di Negeri Gajah Putih itu. Saat itu Thailand membukukan penjualan 881.832 unit, dan Indonesia 1.208.019 unit.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment